Petani di Watu Manggar Macang Pacar Mulai Panen Kedelai

Para petani di Desa Watu Manggar Macang Pacar, Kabupaten Manggarai Barat mulai panen kedelai

Petani di Watu Manggar Macang Pacar Mulai Panen Kedelai
POS-KUPANG.COM/Foto dari Vitalis Anselmus Syukur, SP
Panen kedelai di Desa Watu Manggar, Manggarai Barat. 

Para petani di Desa Watu Manggar Macang Pacar, Kabupaten Manggarai Barat mulai panen kedelai

POS-KUPANG.COM | LABUAN BAJO - Tanaman kedelai di Desa Watu Manggar, Kecamatan Macang Pacar, Kabupaten Manggarai Barat (Mabar), sudah mulai dipanen, Selasa (17/9/2019).

Panen pembuka dihadiri oleh Dinas Tanaman Pangan, Hortikultura dan Perkebunan Mabar; Sekcam Macang Pacar; Danramil 1612-08 Bari, bersama sejumlah petani setempat.

Herman Man Perintahkan Download Aplikasi Qlue, Simak Apa Saja Keluhan Masyarakat?

"Dari total 20 hektar lahan tanaman kedelai, jumlah yang dipanen seluas sekitar 13 hektar. Total hasil ubinan dengan provit 0,4 ton per hektar. Diprediksi hasil produksi 8,320 ton kacang kedelai," kata Koordinator Pengendalian Organisme Pengganggu Tumbuhan-Pengamat Hama Penyakit (POPT-PHP) Mabar, Vitalis Anselmus Syukur, SP yang saat itu mewakili Dinas Pertanian.

Ditambahkannya, hasil panen kedelai itu selain dikonsumsi dan dipasarkan, juga dipakai sebagai benih untuk kembali ditanam pada periode musim tanam selanjutnya.

Wabup Flotim Minta Polisi Tindak Tegas Pembakar Lahan Ile Mandiri

"Lahan kedelai itu merupakan program intensifikasi, pengembangan kedelai APBD II 2019," kata Vitalis.

Dijelaskannya, kegiatan itu merupakan kerja sama petugas lapangan dan para petani serta Babinsa, sebagai bentuk dukungan terhadap program ketahanan pangan.

"Program pengembangan intensifikasi kedelai di Kecamatan Macang Pacar ini, merupakan tindak lanjut dari proses penyerahan sejumlah benih kedelai varietas anjasmoro pada Bulan Mei lalu," kata Vitalis.

Selain benih kata dia, dinas juga membagikan pupuk organik cair, rhizobium, pestisida jenis insektisida dan herbisida serta alat semprot.
Program pengembangan intensifikasi benih kedelai itu terlaksana atas dukungan dana yang bersumber dari APBD II Mabar 2019. (Laporan reporter pos-kupang.com, servatinus mammilianus).

Penulis: Servan Mammilianus
Editor: Kanis Jehola
Sumber: Pos Kupang
Ikuti kami di
KOMENTAR

BERITA TERKINI

© 2019 TRIBUNnews.com Network,a subsidiary of KG Media.
All Right Reserved