Dua Desa di TTU Belum Lakukan Pilkades Serentak

panitia pilkades tidak melakukan proses tahapan pemilihan kepala desa dengan baik seperti desa lain.

Dua Desa di TTU Belum Lakukan Pilkades Serentak
POS KUPANG/TENI JENAHAS
Plt Kepala Dinas PMD Kabupaten TTU, Juventus Kabelen. 

Dua Desa di TTU Belum Lakukan Pilkades Serentak

POS-KUPANG.COM | KEFAMENANU--Dua desa di Kabupaten Timor Tengah Utara (TTU) belum melakukan pemilihan kepala desa (Pilkades) serentak pada 26 Agustus 2019 lalu. Dua desa tersebut yakni Desa Oebikase dan Letneo Selatan.

Hal tersebut disampaikan Plt Kepala Dinas Pemberdayaan Masyarakat Desa (PMD) Kabupaten TTU, Juventus Kabelen kepada Pos Kupang diruang kerjannya belum lama ini.

Juventus mengatakan, dua desa tersebut sebenarnya dijadwalkan bersama dengan 26 desa lainnya melakukan pemilihan kepala desa pada Agustus lalu.

Namun, kata Juventus, pihak panitia pemilihan kepala desa yang dibentuk oleh BPD tidak melakukan tahapan pelaksanaan pemilihan kepala desa.

"Dari 28 desa, 26 desa berjalan dengan baik sampai dengan hari H. Dua desa itu yakni Desa Oebikase dan Letneo Selatan yang belum lakukan pemilihan karena tahapan pilkades tidak berjalan," ujarnya.

Juventus mengatakan, dua desa yang belum melakukan pemilihan kepala desa tersebut nanti ditunda ke tahun 2021. Hal tersebut karena sistem pelaksanaan pemilihan kepala desa menganut tahun ganjil.

"Dan itu berarti ada peluang mengangkat penjabat kepala desa, karena kita menganut tahun ganjil dan itu ada lagi pada tahun 2021, karena sekarang 2019," ujarnya.

Juventus menuturkan, setelah diberikan kewenangan oleh BPD, panitia pilkades tidak melakukan proses tahapan pemilihan kepala desa dengan baik seperti desa lain.

"Panitia melaksanakannua tersendat-sendat, mungkin karena ada persoalan ditingkat desa. Nah saat kita melihat dengan waktu, tidak memungkinkan untuk lakukan pemilihan sehingga ditunda ke 2021," ujarnya.

Untuk melancarkan pelayanan di dua desa tersebut, jelas Juventus, maka akan dilakukan penunjukan terhadap penjabat kepala desa yang bertugas sampai pada tahun 2021 mendatang.

Hotman Paris Pamer Foto di Depan Lamborghini, Ungkap Bukan Cuma Nebeng Foto, Sindir Farhat Abbas?

Satgas Pamtas Lakukan Hal Ini Untuk Anak Sekolah di Perbatasan Indonesia-Timor Leste

"Jadi nanti kita akan menunjuk penjabat kepala desa sehingga nanti dapat memberikan pelayanan kepada masyarakat di dua desa itu," terangnya. (Laporan Reporter POS-KUPANG.COM, Tommy Mbenu Nulangi)

Penulis: Thomas Mbenu Nulangi
Editor: Rosalina Woso
Sumber: Pos Kupang
Ikuti kami di
KOMENTAR

BERITA TERKINI

© 2019 TRIBUNnews.com Network,a subsidiary of KG Media.
All Right Reserved