Bupati KamelusTeken MoU Tiga Aplikasi E-Government dengan Bupati Banyuwangi

Pemerintah Kabupaten Manggarai mengucapkan terima kasih atas kerja sama dan sharing knowledge aplikasi dan teknologi dari Pemkab Banyuwangi.

Bupati KamelusTeken MoU Tiga Aplikasi E-Government dengan Bupati Banyuwangi
Foto Humas Manggarai/Dok
TANDATANGAN-Penandatanganan nota kesepahaman atau Memorandum of Understanding (MoU) antara Bupati Manggarai, Dr. Deno Kamelus, S.H, M.H dengan Bupati Banyuwangi, Abdullah Azwar Anas, S.Pd, S.S, M.Si, Minggu (15/9/2019) pukul 10.00 WIB bertempat di Rumah Budaya Kebo Keboan, Alasmalang, Singojuruh, Kabupaten Banyuwangi. 

Laporan Reporter POS-KUPANG.COM, Aris Ninu

POS-KUPANG-COM-RUTENG-Pemerintah Kabupaten Manggarai mengucapkan terima kasih atas kerja sama dan sharing knowledge aplikasi dan teknologi dari Pemkab Banyuwangi.

Kerja sama dalam rangka pengembangan e-Government antara Pemerintah Kabupaten Manggarai dan Pemerintah Kabupaten Banyuwangi resmi dilakukan.

Hal ini ditandai dengan penandatanganan nota kesepahaman atau Memorandum of Understanding (MoU) antara Bupati Manggarai, Dr. Deno Kamelus, S.H, M.H dengan Bupati Banyuwangi, Abdullah Azwar Anas, S.Pd, S.S, M.Si, Minggu (15/9/2019) pukul 10.00 WIB bertempat di Rumah Budaya Kebo Keboan, Alasmalang, Singojuruh, Kabupaten Banyuwangi.

Kerja sama yang dibangun difokuskan pada implementasi e-Government baik pemanfaatan maupun pembelajaran sistem pemerintahan berbasis aplikasi, serta transfer ilmu pengetahuan.

Ada 3 aplikasi yang telah dipakai di Kabupaten Banyuwangi yang akan diterapkan di Kabupaten Manggarai yakni e-Surat, e-Presensi dan e-SAKIP.

Tiga aplikasi tersebut masing-masing akan menjawab kebutuhan yakni
Pertama, Aplikasi e-Surat berupa tertib administrasi dan tertib pengarsipan; surat masuk dengan cepat dan tepat direnspons bupati lalu diteruskan ke Perangkat Daerah penanggung jawab (tanpa menunggu surat fisik).

Kedua, Aplikasi e-SAKIP berupa memudahkan pelaporan kinerja; mulai dari rencana, pelaksanaan, evaluasi, dan pelaporan.

Dan, ketiga, Aplikasi e-Presensi berupa memudahkan pengontrolan ASN, obyektif dalam mendata kehadiran ASN.

Sehari sebelumnya, yakni Sabtu(14/9/2019), Bupati Banyuwangi menggelar Gala Dinner di Pendopo Sabha Swagata Blambangan, Kabupaten Banyuwangi.

Halaman
123
Penulis: Aris Ninu
Editor: Ferry Ndoen
Sumber: Pos Kupang
Ikuti kami di
KOMENTAR

BERITA TERKINI

© 2019 TRIBUNnews.com Network,a subsidiary of KG Media.
All Right Reserved