Guru Ini Jadi Sorotan gara-gara Lap Muka Murid yang Pakai Makeup di Depan Sekolah

Seorang Guru jadi sorotan gara-gara lap muka murid yang Pakai Makeup di depan sekolah

Guru Ini Jadi Sorotan gara-gara Lap Muka Murid yang Pakai Makeup di Depan Sekolah
KOMPAS.com/South China Morning Post via Asia One
Seorang guru yang berada dalam video tengah mengelap seorang murid di SMP Provinsi Guizhou, China. Guru itu tengah menghapus makeup yang dikenakan para murid ketika mereka sampai di sekolah. 

Seorang Guru jadi sorotan gara-gara lap muka murid yang Pakai Makeup di depan sekolah

POS-KUPANG.COM | BEIJING - Seorang guru di selatan menjadi sorotan setelah mengelap muka setiap murid putri yang memakai makeup di depan gerbang sekolah.

Guru sebuah SMP di Provinsi Guizhou mengelap muka para siswi ketika semester baru dimulai menggunakan handuk yang sebelumnya dicelupkan ke air.

Praktisi Hukum: Serahkan Mandat ke Presiden Tak Sesuai UU, Ini yang Harus Dilakukan Pimpinan KPK

"Seorang murid haruslah berpenampilan yang pantas sebagai murid," kata guru itu sembari membersihkan makeup, dilaporkan Jiangsu Television via SCMP.

Sekolah itu sengaja tidak disebutkan demi melindungi identitas para murid yang masih remaja. Staf sekolah ada yang mencegah siswi itu menutupi muka.

Kepada awak media setempat, juru bicara sekolah mengatakan bahwa 80 persen dari siswi itu merupakan anak yang dari keluarga bermasalah.

Bupati Anton Instruksikan Tenun Akan Masuk Mata Pelajaran Wajib di Flores Timur

"Karena ketidakhadiran orangtua yang membimbing mereka atau kurangnya pendidikan, mereka mungkin beralih kepada gaya hidup yang ekstrem," ujarnya.

Juru bicara itu melanjutkan, para murid tertarik setelah melihat ada satu temannya yang mengenakan makeup, dan menyebutnya fenomena serius di sekolah.

Sekolah mengakui, cara yang mereka lakukan, yakni memaksa mengelap makeup siswa dengan handuk "tidak pantas". Namun berdalih hanya itu kebijakan untuk menunjukkan "tanggung jawab" mereka.

Dalam pemberitaan Jiangsu Television, sekolah sebenarnya sudah melarang para siswi untuk mengenakan riasan mencolok.

Namun mereka sering mengabaikannya. Setelah insiden yang terjadi pada pekan ini tersebut, sekolah mengaklaim sedikit dari para murid yang mengenakan makeup ketika di sekolah.

Insiden pun menjadi perdebatan di Weibo, di mana ada satu netizen yang menyebut cara guru tidak higienis dan cenderung melecehkan perempuan.

"Apa yang guru itu lakukan sudah merendahkan martabat siswanya. Seharusnya sekolah mempertimbangkan apa yang mereka lakukan apakah sudah baik," kecam warganet lainnya.
Salah satu jurnalis kemudian bersimpati dengan mengatakan bahwa sekolah tidak salah dalam melarang murid. Sebab makeup bisa merusak kulit murid yang masih muda. (Kompas.com/Ardi Priyatno Utomo)

Artikel ini telah tayang di Kompas.com dengan judul "Lap Muka Murid yang Pakai Makeup di Depan Sekolah, Guru Ini Jadi Sorotan",

Editor: Kanis Jehola
Sumber: Kompas.com
Ikuti kami di
KOMENTAR

BERITA TERKINI

© 2019 TRIBUNnews.com Network,a subsidiary of KG Media.
All Right Reserved