Film Bumi Manusia Booming tapi Tidak Lolos Penjurian Komite Oscar 2019, Ini Alasannya

Berdasarkan pertimbangan estetis, terutama disain produksi film yang jauh dari ideal, kurasi aktor yang mengganggu hingga penyajian (penyutradaraan),

Film Bumi Manusia Booming tapi Tidak Lolos Penjurian Komite Oscar 2019, Ini Alasannya
Dokumentasi Falcon Pictures
Adegan Minke (Iqbaal Ramadhan) ketika pertama kali bertemu Annelies Mellema (Mawar De Jongh) di rumah Herman Mellema dan Nyai Ontosoroh di film 'Bumi Manusia'. Film 'Bumi Manusia' diputar perdana pada Kamis (15/8/2019). 

POS KUPANG.COM -Adegan Minke (Iqbaal Ramadhan) ketika pertama kali bertemu Annelies Mellema (Mawar De Jongh) di rumah Herman Mellema dan Nyai Ontosoroh di film 'Bumi Manusia'. Film 'Bumi Manusia' diputar perdana pada Kamis (15/8/2019). 


Berdasarkan pertimbangan estetis, terutama disain produksi film yang jauh dari ideal, kurasi aktor yang mengganggu hingga penyajian (penyutradaraan), Komite Oscar 2019 menggugurkan Bumi Manusia.

Film garapan sutradara Hanung Bramantyo bersama rumah produksi Falcon Pictures itu kalah penilaian dibandingkan tiga film lainnya.

Ketiga film yang lolos penilaian 3 besar oleh Komite Oscar 2019 adalah 27 Steps of May, Kucumbu Tubuh Indahku, dan Ave Maryam.

Istri Potong Alat Kelamin Suami untuk Dimakan Anjing , KDRT jadi Pemicu? Ini Kronologinya

Aktor Lukman Sardi dan Raihaanun ketika beradu akting di film '27 Steps of May'. Film ini akhirnya ditayangkan di bioskop Indonesia mulai Sabtu (27/4/2019) ditengah gempuran 'Avengers: Endgame'. (Instagram @27stepsofmay)

"Film Bumi Manusia digugurkan, terutama karena beban latar cerita di era kolonial tahun 1800-an, menjadi beban sangat berat," jelas Benny Benke berbincang Sabtu (14/9/2019).

Benny Benke adalah salah satu anggota Komite Oscar 2019.

Ini Perombakan dan Pembenahan Pelatih Persib Robert Albert sUsai Imbang Lawan Tira Persikabo

Selain Benny Benke, Komite Oscar 2019 diisi aktris Christine Hakim, produser Sheila Timothy, produser Firman Bintang, Adisurya Abdy, Mathias Muchus, Lola Amaria, Roy Lolang, Alim Sudio, Fauzan Zidni dan Benny Setiawan, aktor Reza Rahadian, serta penata musik Thoersi Argeswara.

Beban latar sejarah yang dikisahkan dalam Bumi Manusia ini, lanjut Benny Benke, tidak ditemui di film 27 Steps of May, Kucumbu Tubuh Indahku, dan Ave Maryam.

"Walau sebenarnya tidak apple to apple, tapi beban disain produksi film justru menjadi penjebak utama film Bumi Manusia," ujarnya.

Kalau beban tersebut mampu diatasi, kata Benny Benke, ceritanya akan lain dan justru menjadi faktor utama penunjang film Bumi Manusia untuk bisa lolos ke 3 besar.

Halaman
12
Editor: Ferry Ndoen
Ikuti kami di
KOMENTAR

BERITA TERKINI

© 2019 TRIBUNnews.com Network,a subsidiary of KG Media.
All Right Reserved