VIDEO: Kelompok Musik Geleda Wato Nerin, Ngamen di Kapal Larantuka-Waiwerang. Ini Videonya

VIDEO: Kelompok Musik Geleda Wato Nerin, Ngamen di Kapal Larantuka-Waiwerang. Kelompok musik ini merupakan kumpulan pemain musik berusia tua dan muda.

VIDEO: Kelompok Musik Geleda Wato Nerin, Ngamen di Kapal Larantuka-Waiwerang. Ini Videonya

POS-KUPANG.COM, LARANTUKA – VIDEO: Kelompok Musik 'Geleda Wato Nerin' Ngamen di Kapal Larantuka-Waiwerang

Kelompok musik kampung dari Sanggar Geleda Wato Nerin 'ngamen' di atas Kapal Motor Sinar Mutiara III yang sedang berlayar dari Larantuka menuju Waiwerang, Adonara, Kabupaten Flores Timur, Sabtu (14/9/2019).

Kelompok musik dari Desa Balaweling 1, Kecamatan Solor Barat, Kabupaten Flores Timur ini, menghibur rombongan Pemkab Flotim dari Larantuka yang akan mengikuti Festival Lamaholot di Kampung Kiwangona, Kecamatan Adonara Timur.

VIDEO: Bupati Djafar Suap Kepsek SMKN 1 Ende. Ini Videonya

VIDEO: Kanwil DJPb Gelar Stakeholder Day. Tetamu Disuguhi Bacaan Puisi. Ini Videonya

VIDEO: Tiba di SMKN 5 Kota Kupang, Julie Laiskodat Disambut Tarian Adat. Ini Videonya

Mereka menyanyikan lagu-lagu daerah Lamaholot dengan iringan alat musik tradisional sepeti karkas, string bas, gitar, juk, latour, gendang, dan viola.

Uniknya anggota grup musik kampung ini terdiri dari bapak-bapak berusia 48-77 tahun. Mereka mengenakan sarung tenun, baju batik, selendang dan 'knobo' atau semacam hiasan di kepala dari daun pohon koli.

Pendiri sanggar, Fransiskus Hayo Ama Niron, menuturkan kelompok ini ia dirikan sejak tahun 1978 dan masih eksis sampai sekarang.

Sebelum tragedi Bom Bali satu dekade lalu, kelompok ini sering menghibur para wisatawan di dalam kapal pesiar yang buang sauh di Pulau Solor.

Menurut Frans, sanggar ini didirikan untuk melestarikan budaya tradisi Lamaholot.

Jadi bukan hanya musik, ada juga tarian, tenun dan tandak. Di Solor, Frans dan kelompok sanggarnya ini giat melatih musik tradisional dan budaya bagi generasi muda.

Halaman
12
Penulis: Ricardus Wawo
Editor: Frans Krowin
Sumber: Pos Kupang
Ikuti kami di
KOMENTAR

BERITA TERKINI

© 2020 TRIBUNnews.com Network,a subsidiary of KG Media.
All Right Reserved