Ini Yang Dilakukan TNI Sebelum Patroli Patok Batas Negara

Patroli patok batas merupakan tugas pokok TNI yang bertugas sebagai satuan tugas pengaman perbatasan (Satgas Pamtas) RI-RDTL.

Ini Yang Dilakukan TNI Sebelum Patroli Patok Batas Negara
POS KUPANG/TENI JENAHAS
Anggota Satgas Pamtas Raider 142/KJ Kipur 3 Pos Dafala melaksanakan patroli batas RI-RDTL Sektor Timur. 

Ini Yang Dilakukan TNI Sebelum Patroli Patok Batas Negara

POS-KUPANG.COM| ATAMBUA--Patroli patok batas merupakan tugas pokok TNI yang bertugas sebagai satuan tugas pengaman perbatasan (Satgas Pamtas) RI-RDTL.

Patroli patok batas dilakukan setiap minggu guna mengetahui kondisi patok batas negara.

Seperti yang dilakukan personil Satgas Pamtas Raider 142/KJ Kipur 3 Pos Dafala, Rabu (9/9/2019). Danpos Dafala, Serda Komang Anom Tirta beserta enam anggota melaksanakan patroli patok di Desa Dafala, Kecamatan Tasefeto Timur, Kabupaten Belu, NTT. Patroli dimulai pukul 08.30 Wita.

Sebelum melaksanakan patrol, terlebih dahulu mereka berdoa bersama di pos untuk memohon perlindungan Tuhan selama mereka patroli. Dalam posisi berdiri dan menunduk kepala, para prajurit berdoa sambil memengan senjata.

Usai berdoa, personil Pos Dafala yang bersenjata lengkap langsung bergerak menuju patok-patok batas negara hingga sampai ke Border Sign Point (BSP) nomor 36 yang jarak dari pos mencapai 2,7 kilometer dan ditempuh dalam waktu dua jam.

Selanjutnya, mereka menuju ke BSP nomor 37 yang jaraknya 1,8 kilometer dengan waktu tempuh 1,5 jam. Hasil patroli menunjukan keadaan kedua BSP tersebut masih dalam keadaan baik.

Untuk mencapai lokasi patok tersebut tidaklah mudah. Tim patroli harus berjalan melewati lembah-lembah dan bukit yang terjal serta rapatnya tumbuhan berduri kering.

Namun para prajurit tidak pernah merasa lelah, apalagi putus asa dalam menjaga bumi pertiwi. Bagi prajurit TNI, menjalankan tugas merupakan suatu kehormatan yang harus dijaga.

Ini Loh Ungkapan Hati Warga Timor Timur Pro NKRI Tentang Kepergian Habibie

5 Makanan Sehat Ini Bakal Berubah Mendadak Jadi Racun Jika Dimakan Dengan Cara Yang Tidak Benar

Tekad prajurit TNI adalah tak sejengkal tanah pun akan kami berikan kepada negara lain, kami akan mempertahankan bumi pertiwi ini. (Laporan Reporter POS KUPANG.COM,Teni Jenahas).

Penulis: Teni Jenahas
Editor: Rosalina Woso
Sumber: Pos Kupang
Ikuti kami di
KOMENTAR

BERITA TERKINI

© 2019 TRIBUNnews.com Network,a subsidiary of KG Media.
All Right Reserved