BJ Habibie Wafat

Cara Warga NTT Beri Penghormatan Terakhir Kepada Habibie

Wakil Gubernur NTT, Josef Nae Soi memiliki kenangan terindah bersama Presiden ketiga RI, BJ Habibie.

Cara Warga NTT Beri Penghormatan Terakhir Kepada Habibie
ANTARA FOTO/AKBAR NUGROHO
Presiden Jokowi meletakkan karangan bunga di makam BJ Habibie saat upacara pemakaman di Taman Makam Pahlawan Nasional Utama Kalibata, Jakarta, Kamis (12/9/2019). 

POS-KUPANG.COM | KUPANG - Pemerintah dan masyarakat Provinsi Nusa Tenggara Timur (NTT) berduka cita atas wafatnya BJ Habibie. Selain mengheningkan cipta, dilakukan pengibaran bendera Merah Putih setengah tiang sebagai bentuk penghormatan terhadap Presiden ketiga RI.

Keluarga besar Persatuan Purnawirawan Angkatan Bersenjata Reublik Indonesia (Pepabri) memberi penghormatan kepada Habibie dengan mengheningkan cipta. Moment itu terjadi saat perayaan HUT ke-60 Pepabri di Resto dan Cafe Celebes Kupang, Kamis (12/9/2019). Mengheningkan cipta selama 5 menit dipimpin Ketua DPD Pepabri NTT, Djibrail Lona.

Bendera Merah Putih berkibar setengah tiang di Mapolres TTU, Kamis (12/9/2019).
Bendera Merah Putih berkibar setengah tiang di Mapolres TTU, Kamis (12/9/2019). (POS-KUPANG.COM/THOMAS MBENU NULANGI)

Hadir Danrem 161/Wira Sakti Kupang, Brigjen (TNI) Syaiful Rahman, S.SoS, Dandim 1604 Kupang Kol Arh. I Made Kusuma DG, pejabat yang mewakili Danlantamal Kupang, Danbrigif 21/Komodo, Letkol (Inf) Sutrisno Pujiono, SE, MM. Sesepuh Pepabri NTT, JN Manafe turut hadir.

Sementara itu, pengibaran bendera Merah Putih setengah tiang di kantor pemerintahan, swasta, sekolah dan rumah-rumah warga. Instansi pemerintah yang terpantau mengibarkan bendera setengah tiang adalah Kantor Gubernur NTT, gedung DPRD NTT dan Kantor Walikota Kupang. Selain itu Kantor SAR Kupang, Kantor BRI Unit Penfui, beberapa sekolah sekitarnya juga menaikan bendera setengah tiang.

Eurico Guterres: Timor Timur Lepas Bukan Salah Habibie

Warga Kelurahan Kelapa Lima Kota Kupang, Angels W (64) turut mengibarkan bendera Merah Putih setengah tiang di halaman rumahnya.

Menurutnya pengibaran bendera setengah tiang di rumah untuk menghormati BJ Habibie. Angels mengenang Habibie sebagai tokoh dan bapak bangsa yang patut mendapat penghormatan.

"Kita ikut arahan dan himbauan pemerintah untuk kibarkan bendera setengah tiang. Ini kita lakukan untuk menghormati beliau sebagai tokoh bangsa," katanya.

Mangkir Pemeriksaan Pasca Dicegah KPK, Di Mana Mekeng?

Pengibaran bendera setengah tiang juga terjadi di Kabupaten Manggarai Barat (Mabar). Sekretaris Daerah (Sekda) Mabar Rofinus Mbon mengatakan, pihaknya sudah menyampaikan kepada para camat dan semua pimpinan Organisasi Perangkat Daerah (OPD) untuk menaikkan bendera setengah tiang.

"Saya sudah menginformasikan kepada mereka agar menaikan bendera setengah tiang sebagai bentuk penghormatan sekaligus mengenang jasa-jasa dari presiden ketiga kita, Bapak Habibie," kata Rofinus, Kamis kemarin.

Bupati Sumba Timur Drs. Gidion Mbilijora, M.Si menyatakan, masyarakat dan pemerintah menyampaikan turut berduka cita yang mendalam atas wafatnya BJ Habibie.

Soal Kasus Dugaan Malpraktek di RS Leona, Penyidik Polres Telah Periksa Lima Orang

Halaman
1234
Penulis: Edy Hayong
Editor: Alfons Nedabang
Ikuti kami di
KOMENTAR

BERITA TERKINI

© 2019 TRIBUNnews.com Network,a subsidiary of KG Media.
All Right Reserved