Wabup Lembata Sambut Kepulangan 14 Jemaah Haji

Pejabat Wakil Bupati Lembata, Thomas Ola Langoday, dan jajaran Forkopimda Kabupaten Lembata menyambut kedatangan 14 jemaah haji

Wabup Lembata Sambut Kepulangan 14 Jemaah Haji
POS KUPANG.COM/RICKO WAWO
Wakil Bupati Lembata, Thomas Ola Langoday, dan jajaran Forkopimda Kabupaten Lembata menyambut kedatangan 14 jemaah haji asal Kabupaten Lembata tahun 2019 dari tanah suci di Kantor Bupati Lembata, Kamis (12/9/2019). 

POS-KUPANG.COM | LEWOLEBA - Pejabat Wakil Bupati Lembata, Thomas Ola Langoday, dan jajaran Forkopimda Kabupaten Lembata menyambut kedatangan 14 jemaah haji asal Kabupaten Lembata tahun 2019 dari tanah suci di Kantor Bupati Lembata, Kamis (12/9/2019).

Wabup Lembata, Thomas Ola Langoday, mengatakan wajah para haji dan hajjah usai pulang dari tanah suci tampak ceria dan berseri-seri. Menurut dia, dengan pikiran yang bersih, itu tanda kalau mereka akan menjadi haji dan hajjah yang mabrur.

Mengenang Kisah Habibie, Ingin Donor Mata karena Ingin Teruskan Mimpi Ainun

"Dari hari ini harus sudah mulai siap-siap karena jatah kita lebih dari 20 orang. Ini sudah jadi tanggungjawab pemerintah daerah. Kita harus sudah siap perencanaan dengan baik, penganggaran, mekanisme dan dokumennya dengan baik," tegas Wabup Langoday.

Dia melanjutkan esensi ritual haji adalah evolusi eksistensi manusia menghadap Allah. Haji adalah drama sombolik dari falsafah anak cucu adam dan hawa khususnya bagi kaum muslimin dan muslimat. Haji adalah perjalanan totalitas diri.

"Tidak boleh setengah-setengah harus total," pesannya.

Wisuda 1.794 Lulusan Dr. R. H. Kristina Kenalkan Inovasi Poltekes Kemenkes Kupang

Dia berharap para haji dan hajjah bisa kembali ke keluarga masing-masing dan memberi pesan pesan moral kepada anggota keluarga supaya mereka juga termotivasi untuk mengikuti ibadah haji.

Dengan bertambahnya haji dan hajjah, katanya, bertambah pula tokoh umat yang tauladan bagi masyarakat di Kabupaten Lembata. Oleh karena itu, dia sangat berharap para haji dan hajjah ini bisa memberikan sumbangsih besar bagi pembangunan di Kabupaten Lembata.

Ketua sementara DPRD Lembata, Abubakar Sulang, mengatakan menunaikan ibadah haji adalah anugerah terindah bagi para haji dan hajjah.

Untuk menjadi muslim dan muslimah, peristiwa keagamaan ini telah melibatkan banyak orang dari banyak agama akibat toleransi antar umat beragama selama ini. Masyarakat Lembata adalah masyarakat majemuk.

Wujud toleransi itu dibuktikan dengan Kaum muslim selalu terlibat dalam acara keagamaan umat agama lain begitu juga sebaliknya.

Oleh karena itu, Abubakar mengatakan ibadah haji adalah upaya untuk mempertebal iman dan takwa umat di tengah masyarakat yang majemuk. (Laporan Reporter POS-KUPANG.COM, Ricko Wawo)

Penulis: Ricardus Wawo
Editor: Kanis Jehola
Sumber: Pos Kupang
Ikuti kami di
KOMENTAR

BERITA TERKINI

© 2019 TRIBUNnews.com Network,a subsidiary of KG Media.
All Right Reserved