Focus Group Discusion Inisiasi Revitalisasi Pokja Gender di Kabupaten Kupang

beraktifitas dan melakukan pendampingan di level Provinsi NTT, Kota Kupang, Kabupaten Kupang dan Kabupaten TTS.

Focus Group Discusion  Inisiasi Revitalisasi Pokja  Gender di Kabupaten Kupang
POS KUPANG/EDY HAYONG
Elfrid V Saneh 

Focus Group Discusion  Inisiasi Revitalisasi Pokja  Gender di Kabupaten Kupang

POS-KUPANG.COM I OELAMASI--CIS Timor dalam kemitraan bersama CARE International-Indonesia dalam program  Partner for Resilience Strategic Partnership (PfR SP) beraktifitas dan melakukan pendampingan di level Provinsi NTT, Kota Kupang, Kabupaten Kupang dan Kabupaten TTS.

Dalam proses implementasi program di Kabupaten Kupang, CIS Timor bersama dengan Dinas P2KB-P3A Kabupaten  Kupang, akan melakukan kegiatan Focus Group Discusion (FGD) Inisiasi Revitalisasi Pokja (kelompok Kerja) Gender sebagai bagian dari langkah awal pemetaan kapasitas, Kamis (12/9/2019).

Distric Officer Kabupaten Kupang Program PfR CARE-CIS Timor,  Elfrid V Saneh, menyampaikan hal ini kepada POS KUPANG.COM, Kamis (12/9/2019).

Elfrid mengatakan, tujuan dari  kegiatan FGD  ini antara lain untuk membahas peran dan keaktifan pokja gender Kabupaten  Kupang  serta mendorong segera ada jadwal revitalisasi pokja gender di wilayah ini.

Menurutnya, hasil yang diharapkan dari kegiatan ini antaranya adalah Dinas P2KB-P3A  semakin memahami peran dan pentingnya mengaktifkan serta mengawal pokja gender. Juga disepakatinya jadwal penyusunan draft pokja gender dan jadwal pembentukan pokja gender Kabupaten Kupang.

Elfrid mengungkapkan bahwa selama ini CIS TIMOR  bekerja dengan stakeholder pemerintah dan Civil Sosity Organision (Organisasi Masyarakat Sipil) level Provinsi dan Kabupaten/kota, juga bekerjasama dan lakukan pendampingan di desa dan Kelurahan.

Dengan pendekatan PfR SP yang mengedepankan dialog dan advokasi maka peran serta kelompok masyarakat menjadi factor kunci pencapaian kerja-kerja dialog dan advokasi.

Dalam program PFR SP ini, demikian Elfrid, sangat penting  untuk melihat pengarusutamaan gender (PUG) sebagai bagian dari pelaksanaan Instruksi Presiden (INPRES) No 09 tahun 2000.

PfR SP CARE-CIS Timor  bekerjasama dengan pemerintah daerah Kabupaten Kupang, lanjut Elfrid,  mengupayakan pengarusutamaan gender, baik di level kebijakan (dari tingkat desa, kecamatan dan kabupaten), program dan anggaran pemerintah. Termasuk didalamnya  pada level komunitas terkait kebutuhan, praktek baik dan tantangan pengarusutamaan gender.

"Diharapkan akan menjadi motor penggerak pembangungan dan membawa perubahan bagi Desa dan Kelurahan masing-masing dan serta menggerakan (menghidupkan kembali) kelompok kerja gender yang terdiri dari berbagai unsur baik masyarakat umum, praktisi, media dan OPD terkait di Kabupaten Kupang," pungkas Elfrid.

Dia menambahkan, untuk melihat perkembangan pengarusutamaan gender dalam wilayah kerja Organisasi Pemerintah Daerah maka perlu dipastikan adanya  Pokja (Kelompok Kerja) gender yang fokus tugasnnya adalah mengawal prpogram-program kesetaraan gender di berbagai level atau tingkatan dan perencanaanya.

Oleh karena itu bersama dengan Dinas P2KB-P3A Kabupaten  Kupang, CIS TIMOR akan melakukan kegiatan Focus Group Discusion (FGD) Inisiasi Revitalisasi Pokja (kelompok Kerja) Gender sebagai bagian dari langkah awal pemetaan kapasitas.

Tim Terpadu Staf Pengamanan TNI- AD Sosialisasi PKBB Bagi 700 Prajurit Brigif 21/Komodo

10 Penyebab Anda Sering Lupa, Nomor 2 dan 3 Butuh Komitmen Untuk Tobat

Adapun peserta FGD ini berasal dari beberapa unsur yakni dari Dinas P2KB-P3A dan dari BP4D serta dari perwakilan CARE Internasional dan juga CIS Timor.(Laporan Reporter POS KUPANG.COM, Edi Hayong)

Penulis: Edy Hayong
Editor: Rosalina Woso
Sumber: Pos Kupang
Ikuti kami di
KOMENTAR

BERITA TERKINI

© 2019 TRIBUNnews.com Network,a subsidiary of KG Media.
All Right Reserved