Bupati Ende : Perencanaan Berkualitas Mendorong Terselenggaranya Pembangunan Secara Baik

Perencanaan yang berkualitas dapat mendorong terselenggaranya pembangunan daerah secara baik.

Bupati Ende : Perencanaan Berkualitas Mendorong Terselenggaranya Pembangunan Secara Baik
POS KUPANG/ROMOALDUS PIUS
BIMTEK ASN di Lingkup Pemkab Ende Mengikuti Bimtek RPJMD 

Bupati Ende : Perencanaan Berkualitas Mendorong Terselenggaranya Pembangunan Secara Baik

POS-KUPANG.COM|ENDE---Perencanaan yang berkualitas dapat mendorong terselenggaranya pembangunan daerah secara baik.

Bupati Ende, Drs Djafar Achmad mengatakan hal itu dalam sambutannya yang dibacakan oleh Sekda Kabupaten Ende, Drs Agustinus G Ngasu, M.Kes saat membuka kegiatan Bimbingan Tehknis Penyusunan Rencana Pembangunan Jangka Menengah Daerah (RPJMD) Kabupaten Ende, Rabu (11/9/2019) di Aula Syuradikara Mart.

Kegiatan itu diikuti oleh Deputi Direktur Jenderal Bina pembangunan Kementerian Dalam Negeri Republik Indonesia yang diwakili oleh Lumban Gaul Sarjana Sosial Magister Engineering di wilayah 4 B yang membawahi di NTT serta ASN di Lingkup Pemkab Ende.

Dikatakan terselenggaranya penyusunan RPJMD dan Renstra serta Renja perangkat daerah kabupaten yang dilaksanakan melalui kerjasama antara pemerintah Kabupaten dengan Dirjen Bina Pembangunan Daerah Kementerian Dalam Negeri Republik Indonesia.

Kerja sama ini merupakan upaya pemerintah Kabupaten Ende dalam rangka peningkatan dan pengembangan kompetensi perencana kebutuhan bagi seluruh perangkat daerah lingkup pemerintah.

Dikatakan penyusunan RPJMD dan Renstra serta Renja perangkat daerah pada prinsipnya untuk memberikan acuan kepada pemerintah daerah dalam menyiapkan dokumen rencana pembangunan daerah yang komprensif

Dokumen yang selaras dengan dokumen terkait lainnya dan memiliki arti yang penting dan strategis dalam konteks penyamaan persepsi sekaligus pendalaman terhadap substansi yang dimuat dalam Permendagri 86 tahun 2017.

Sehingga dapat mewujudkan perencanaan yang berkualitas dan pada akhirnya dapat mendorong terselenggaranya pembangunan daerah secara baik.

Terkait dengan kegiatan itu para perencana dari masing-masing instansi dibekali dengan pengetahuan khusus tentang penyusunan dokumen sektoral yaitu dan Renja perangkat daerah sebagai penjabaran dari RPJMD Kabupaten Ende tahun 2019-2024 dengan narasumber dari Kementerian Dalam Negeri Republik Indonesia.

Dikatakan kegiatan tersebut dijadikan forum untuk sharing dan diskusi secara bersama dalam mencari solusi terhadap berbagai kendala yang dihadapi selama dalam proses penyusunan berbagai dokumen perencanaan daerah termasuk juga solusi terkait dengan penilaian akhir pada saat penyusunan jawaban.

Reaksi Menteri LHK Siti Nurbaya tak Terima Indonesia Dituding Penyebab Asap Karhutla di Malaysia

Camat Herman Lantik Tujuh Penjabat Kades di Borong - Manggarai Timur, Ini Nama 7 Penjabat

“Perlu disinkronkan sehingga pada saat penilaian nanti tidak bertentangan dan ada hubungannya dengan masing-masing perangkat daerah,”katanya.(Laporan Reporter Pos Kupang.Com, Romualdus Pius)

Penulis: Romualdus Pius
Editor: Rosalina Woso
Sumber: Pos Kupang
Ikuti kami di
KOMENTAR

BERITA TERKINI

© 2019 TRIBUNnews.com Network,a subsidiary of KG Media.
All Right Reserved