TN Kelimutu Ende Raih Gold Winner

Taman Nasional (TN) Kelimutu terpilih sebagai pemenang Gold Winner pada Planet Tourism Indonesia Awards 2019 dalam kategori NATURE.

TN Kelimutu Ende Raih Gold Winner
istimewa
GOLD WINNER/TN Kelimutu, Ende Meraih Gold Winner Planet Tourism Indonesia Awards 2019 

Laporan Reporter Pos Kupang.Com, Romualdus Pius

POS-KUPANG.COM,ENDE---Taman Nasional (TN) Kelimutu terpilih sebagai pemenang Gold Winner pada Planet Tourism Indonesia Awards 2019 dalam kategori NATURE. Penganugrahan ini dilakukan di Hotel Ritz-Carlton, Pacific Place, Jakarta pada hari, Kamis (5/9/2019).

Informasi yang diterima Pos Kupang.Com dari Plh Kepala Taman Nasional Kelimutu, Joko Waluyo mengatakan penyerahan award dilakukan oleh Ketua Asosiasi Industri Pariwisata Indonesia (GIPI) kepada Agus Sitepu selaku Kepala Balai TN Kelimutu disaksikan oleh Chairman MarkPlus Center for Tourism and Hospitality (MPTH) Hermawan Karyajaya, Direktur PLJHK KLHK, Bupati Kotawaringin Barat, Ketua DPRD Sulawesi Utara dan Ibu Julie Laiskodat Istri Gubernur NTT .

Acara ini adalah kolaborasi antara MarkPlus Center for Tourism and Hospitality dan Asosiasi Industri Pariwisata Indonesia yang melakukan penilaian atas beberapa subjek pelaku wisata pada beberapa kategori.
Adapun kategori NATURE (Attraction) yang dimenangkan TN Kelimutu adalah pengakuan atas kontribusi Taman Nasional Kelimutu kepada industri pariwisata Indonesia tidak hanya dalam dampak ekonomi tetapi juga komitmen dalam memberdayakan masyarakat setempat serta melestarikan lingkungan yang juga mengacu pada Sustainable Development Goals

Geliat Potensi Pariwisata Kabupaten Kupang, Pantai Haubenkase yang Menawan di Amarasi Barat

TN Tanjung Puting mendapatkan Silver Award kategori yang sama dan pada kesempatan ini penghargaan khusus diberikan kepada Prof. Birute Gladikas yang mendapatkan Activities Award atas pengabdiannya selama hampir 50 tahun dalam pelestarian orangutan di TN Tanjung Puting, Kalimantan Tengah.

TN Kelimutu berterimakasih kepada semua masyarakat dan stakeholder yang telah mendukung TN Kelimutu baik dalam pengelolaan di lapangan maupun di dukungan di dunia maya.

Penghargaan ini adalah buah dari hasil kerja bersama TN Kelimutu, masyrakat dan semua stakeholder terkait.
Kelimutu akan terus berjalan demi lestarinya kawasan taman nasional, sejahteranya masyarakat sekitar dan tercerahkannya pengunjung,ujarnya.

Sebelumnya TN Kelimutu telah dipilih sebagai kandidat untuk Planet Tourism Indonesia Awards 2019 dalam kategori NATURE.

Penghargaan ini sebagai pengakuan atas kontribusi Taman Nasional Kelimutu kepada industri pariwisata Indonesia dalam dampak ekonomi yang tidak hanya mengukur dampak ekonomi tetapi juga komitmen dalam memberdayakan masyarakat setempat serta melestarikan lingkungan yang juga mengacu pada Sustainable Development Goals.

Penghargaan Planet Tourism Indonesia 2019 adalah hasil kolaborasi antara MarkPlus Center for Tourism and Hospitality (MPCTH) dan Asosiasi Industri Pariwisata Indonesia (GIPI).

Sebelummnya TN Kelimutu berhasil lolos seleksi dewan juri uttuk penilaian yang didasarkan pada kontribusi pada pilar pariwisata berkelanjutan yakni Prosperity sebesar 30 persen dan People 30 persen serta Planet 30 persen bersama kandidat lain yaitu TN Tanjung Puting.

Untuk meraih hasil itu dilakukan melalui voting secara online yang akan dilakukan dari 17 hingga 31 Agustus 2019. (*)

Editor: Ferry Ndoen
Sumber: Pos Kupang
Ikuti kami di
KOMENTAR

BERITA TERKINI

© 2019 TRIBUNnews.com Network,a subsidiary of KG Media.
All Right Reserved