Timor Leste Dukung Kerja Sama Buka Penerbangan Kupang -Timor Leste -Darwin

Pemerintah Timor Leste mendukung kerja sama tri lateral antara Indonesia-Timor Leste-Darwin termasuk pembukaan rute penerangan tiga negara ini.

Timor Leste Dukung Kerja Sama  Buka Penerbangan Kupang -Timor Leste -Darwin
POS KUPANG/OBY LEWANMERU
Karo Humas dan Protokol Setda NTT, Dr. Marius Jelamu pose bersama pemerintah Timor Leste di Kantor Gubernur NTT, Jumat (6/9/2018). 

POS-KUPANG.COM | KUPANG -Pemerintah Timor Leste mendukung kerja sama tri lateral antara Indonesia-Timor Leste-Darwin.

Penjajakan juga dilakukan guna pembukaan penerbangan Kupang-Timor Leste -Darwin.

Hal ini disampaikan Kepala Kerjasama Internasional Timor Leste, Joao Mendes Goncalves ketika melakukan pertemuan dengan Pemprov NTT di Kantor Gubernur NTT, Jumat (6/9/2019). Goncalves hadir bersama rombongan serta pihak TransNusa. Dari Pemprov NTT diwakili Kepala Biro Humas dan Protokol Setda NTT, Dr. Marius Jelamu,M.Si.

Dalam pertemuan, Goncalves mengatakan, Pemerintah RDTL mendukung penuh kerjasama tiga negara, Indonesia-Timor Leste -Darwin.

Menurut Goncalves, Timor Leste memandang bahwa Indonesia (NTT) sangat penting, karena dalam banyak hal sangat membantu Timor Leste.

"Posisi NTT berada satu daratan dengan Timor Leste dan juga berbatasan dengan Australia. Banyak barang yang diimpor Timor Leste masuk melalui NTT," katanya.

Simak Caranya, Hypermart Hadirkan Program Berhadiah Honda Mobilio

Pelanggan Telkomsel, Ini Cara Untuk Dapat Kesempatan Berhadiah

Selain itu, terkait pembukaan jalur transportasi dari Maritaing, Kabupaten Alor ke Timor Leste, Goncalves mengatakan, pihaknya tetap memberi dukungan, asalkan beberapa infrastruktur harus disediakan seperti karantina dan lain sebagainya.
Sedangkan, soal pembukaan slot penerbangan Kupang-Timor Leste-Darwin, pihaknya sepakat sehingga hubungan kerja sama tiga negara ini bisa semakin baik kedepan dengan adanya arus transportasi langsung.

Sementara di bidang lain, Goncalves mengatakan, Pemerintah Timor Leste juga akan membangun kerja sama dengan Indonesia, khususnya NTT dalam bidang perikanan, peternakan dan bidang perminyakan.

"Pemerintah Timor Leste juga mengharapkan agar adanya pembangunan pasar perbatasan sehingga terciptanya perdagangan bersama," ujarnya.

Selama 3 Bulan Ashanty Diteror Tak Tidur, Kalajengking Merayap di Alis Mata Istri Anang Hermasnyah

Vice Chairman PT. TransNusa Aviation Mandiri, Leo Budiman yang hadir saat itu mengatakan, pihaknya siap mendukung upaya pemerintah dalam membuka jalur penerbangan Kupang-Timor Leste -Darwin.
Menurut Leo, saat ini penerbangan Kupang -Timor Leste sudah dilakukan dan apabila pembukaan penerbangan ke Darwin, maka pihaknya akan mendukungnya.

Kepala Biro Humas dan Protokol Setda NTT, Dr. Marius Jelamu,M.Si mengatakan, Pemprov NTT mengucapkan terima kasih atas kunjungan Pemerintah Timor Leste dalam rangka komunikasi dan penjajakan kerjasama tri lateral antara Indonesia, Timor Leste dan Australia.

Marius berharap hubungan kerja sama yang sudah terjalin bisa terjaga dengan baik.

Menyangkut pembukaan penerbangan Kupang-Timor Leste -Darwin, ia mengatakan, pihak TransNusa bersedia mendukung pembukaan penerbangan tersebut. Apalagi, lanjutnya, saat ini penerbangan Kupang -Timor Leste sudah ada.

Dikatakan, pihak TransNusa juga meminta agar Pemprov NTT juga mendukungnya. "Pihak TransNusa meminta agar pemerintah NTT bisa menjaga, jangan sampai setelah dibuka penerbangan ke Darwin, kemudian ada maskapai lain yang masuk dengan gampang," kata Marius. (Laporan Reporter POS-KUPANG.COM, Oby Lewanmeru)

Penulis: Oby Lewanmeru
Editor: Hermina Pello
Ikuti kami di
KOMENTAR

BERITA TERKINI

© 2019 TRIBUNnews.com Network,a subsidiary of KG Media.
All Right Reserved