Instalasi Sudah Terpasang Listrik di Kecamatan Detukeli - Ende Belum Nyala, Ini Kondisinya

Warga Kecamatan Detukeli, Kabupaten Ende, hingga memasuki usia Kemerdekaan RI yang ke-74 belum juga menikmati listrik yang bersumber dari PT PLN pada

Instalasi Sudah Terpasang Listrik di Kecamatan Detukeli - Ende Belum Nyala, Ini Kondisinya
POS KUPANG/ISTIMEWA
TIANG LISTRIK/Tiang Listrik Sudah Dipasang Di Kecamatan Detukeli Namun Listrik Belum Juga Nyala. 

Laporan Reporter Pos Kupang.Com, Romualdus Pius

POS-KUPANG.COM,ENDE---Warga Kecamatan Detukeli, Kabupaten Ende, hingga memasuki usia Kemerdekaan RI yang ke-74 belum juga menikmati listrik yang bersumber dari PT PLN padahal ada beberapa desa di Kecamatan Detukeli sudah didroping material seperti tiang bahkan ada rumah yang sudah dipasang instalasi listrik namun demikian listrik belum juga nyala.

Warga Kecamatan Detukeli, Berno Nober Balu Dale mengatakan hal itu, Minggu (8/9/2019) di Ende.
Berno menuturkan, sudah lama masyarakat Kecamatan Detukeli belum merdeka soal listrik sekalipun pemerintah pusat dan pemerintah provinsi maupun pemerintah kabupaten mempunyai visi dan program nyata tentang listrik masuk desa.

Persib Bandung Mainkan Laga Game Internal, Siap Hadapi Tira Persikabo, Ini Infonya

Faktanya, masyarakat di Kecamatan Detukeli cukup menyambut gembira dengan komitmen politik Pemda Ende untuk Kecamatan Detukeli agar segera terpasang listrik dan sebagai tindaklanjutnya sudah 1 tahun 7 bulan, tiang listrik dan kabel-kabel dipasang, bahkan ada rumah yang sudah diinstalasi seperti di Desa Nggesa Biri namun hingga saat ini listrik belum kunjung nyala.

Gubernur NTT Lantik Pasangan Bupati-Wabup Sumba Barat Daya dan Bupati Ende 

“Yang menjadi pertanyaan adalah kenapa tiang dan material listrik lainnya sudah didrop ke Kecamatan Detukeli bahkan ada yang sudah pasang instalasi lalu kenapa hingga kini listrik tidak kunjung nyala,”kata Berno.

Berno mengatakan bahwa masyarakat merasa kecewa dengan PT PLN karena terkesan hanya memberikan angin surga namun sesungguhnya hanya sekedar kamufalase karena faktanya hingga kini warga belum juga menikmati listrik.

Saat ini ada beberapa desa yang sudah terpasang tiang berikut kabel masing-masing Desa Maurole Selatan dan Desa Watunggere Marilonga serta Desa Nggesa Biri dan Desa Detukeli juga Desa Kebesani namun dari desa-desa yang ada belum satu desa yang sudah menikmati listrik.

Terhadap kondisi yang dialami oleh masyarakat Kecamatan Detukeli, Anggota DPRD Kabupaten Ende, Vincen Sangu mengatakan bahwa dirinya sendiri menyaksikan kondisi yang dialami warga terkait dengan listrik.
“Atas keluhan masyarakat tersebut, saya meminta keseriusan pihak PLN dan pihak-pihak terkait untuk segera menyelesaikan proyek pengerjaan listrik dan mewujudkan impian masyarakat agar tidak sekedar mimpi untuk menikmati listrik,”kata Vincen.

Menurut Vincen persoalan listrik di Kecamatan Detukeli terlalu lama dan terkesan berlarut-larut proses pengerjaannya karena memakan waktu hampir 2 tahun lamanya, tetapi hingga kini belum juga dituntaskan.
Untuk itu, Vincen meminta baik kepada pihak PLN maupun kepada Bupati Ende,Drs Djafar Achmad agar terus saling berkoordinasi sehingga listrik di Kecamatan Detukeli segera dinyalakan.

Dengan demikian dapat terhindar dari pandangan publik kalau pemasangan tiang dan kabel listrik di Kecamatan Detukeli itu hanya sekedar menghibur rakyat semata atau hanya sekedar menjadi komoditas politik pada saat Pilkada Ende baru lalu.

“Saat itu ketika memasuki masa Pilkada entah benar atau memang kebetulan bersamaan dengan hajatan politik, PLN mendroping material listrik seperti tiang dan kabel ke Kecamatan Detukeli bahkan ada rumah-rumah yang sudah dipasang instalasi listrik namun demikian sampai saat ini listrik tidak kunjung nyala,”kata Vincen.

Vincen mengharapkan kepada PT PLN agar segera menuntaskan permasalahan listrik di Kecamatan Detukeli sehingga masyarakat di daerah itu bisa merasakan arti kemerdekaan sesungguhnya dalam hal listrik.

“Dari semua kecamatan yang ada di Kabupaten Ende, Kecamatan Detukeli menjadi satu-satunya kecamatan yang belum berlistrik. Ini tentu sangat ironis ditengah eforia Kemerdekaan RI yang ke-74 namun masyarakat di Kecamatan Detukeli masih tertinggal dalam hal listrik,”kata Vincen. (*)

Penulis: Romualdus Pius
Editor: Ferry Ndoen
Sumber: Pos Kupang
Ikuti kami di
KOMENTAR

BERITA TERKINI

© 2019 TRIBUNnews.com Network,a subsidiary of KG Media.
All Right Reserved