Bupati Malaka Minta Masyarakat Jaga Aset Pembangunan di Translok

Bupati Malaka, Stefanus Bria Seran mengingatkan masyarakat yang akan menempati kawasan transmigrasi lokal (translok) di Kapitan M

Bupati Malaka Minta Masyarakat Jaga Aset Pembangunan di Translok
POS KUPANG.COM/TENI JENAHAS
DI LAENMANEN--Bupati Malaka, Stefanus Bria Seran saat kunjungan kerjanya ke wilayah Laenmanen, Rabu (4/9/2019) 

Laporan Reporter POS KUPANG.COM,Teni Jenahas

POS KUPANG.COM| BETUN---Bupati Malaka, Stefanus Bria Seran mengingatkan masyarakat yang akan menempati kawasan transmigrasi lokal (translok) di Kapitan Meo, Kecamatan Laenmanen agar menjaga dan merawat seluruh aset pembangunan.

Sebab, banyak fasilitas yang dibangun oleh pemerintah di kawasan translok tersebut seperti, perumahan, jalan, saran air minum, listrik, sekolah, pusat kesehatan masyarakat dan fasilitas pendukung lainnya.

Bupati Stefanus Bria Seran mengatakan hal itu kepada masyarakat Desa Kapitan Meo saat kunjungan kerjanya ke wilayah Laenmanen, Rabu (4/9/2019) untuk melihat dari dekat pekerjaan Transmigrasi Lokal bantuan dari Kementerian Tenaga Kerja Republik Indonesia.

Menurut Bupati Stef, pemerintah sedang membangun berbagai fasilitas untuk dimanfaatkan masyarakat yang akan menempati kawasan translok. Sesuai laporan dari Kepala Dinas Nakertrans, sejumlah fasilitas yang dibangun yakni,
perumahan, jalan desa, jalan poros, balai desa, embung, kantor UPT, listrik, sekolah dan pusat kesehatan masyarakat.

Semua aset pembangunan tersebut harus dijaga dan dirawat secara bertanggungjawab karena tidak gampang mendapatkan bantuan seperti proyek translok. Lebih dari itu, pemerintah membangun proyek translok untuk meningkatkan kesejahteraan hidup masyarakat.

"Tidak gampang mendapatkan bantuan seperti ini karena harus bisa mempertaruhkan kepercayaan, baik di tingkat provinsi maupun tingkat pusat. Saya minta masyarakat untuk menjaga, merawat dan mengurusnya secara bertanggung jawab sehingga cita-cita untuk meningkatkan kesejahteraan hidup masyarakat dapat terpenuhi", tutur Bupati Stef.

Kepala Dinas Tenaga Kerja dan Transmigrasi (Nakertrans) Kabupaten Malaka, Vinsen Babu mengatakan,
proyek pembangunan fisik di kawasan transmigrasi lokal (translok) Kapitan Meo, Kecamatan Laenmanen sudah mencapai 75 persen. Diperkirakan proyek ini akan tuntas Oktober 2019 sehingga bangunan rumah translok sudah dapat difungsikan.

Menurut Vinsen, rumah yang dibangun di kawasan translok Kapitan Meo ini berjumlah 323 unit dari 500 unit yang diusulkan ke Kementerian Desa Pembangunan Daerah Tertinggal dan Transmigrasi RI.

Pembangunan translok ini dilakukan secara bertahap selama lima tahun. Tahun 2019 dibangun 75 unit rumah, rincian 50 unit dibangun terpusat secara permanen, sedangkan 25 unit lainnya dibangun secara rehab dengan pola sisipan.

Menurut Vinsen, translok di Malaka ditetapkan sebagai pilot project (percontohan) program pembangunan dan pengembangan kawasan transmigrasi nasional. Pengembangan kawasan transmigrasi di Malaka ini akan menjadi contoh bagi daerah lain di Indonesia.

Sebelumnya, Kasubdit RSKP, Dirjen Penyiapan Kawasan Pembangunan Permukiman Transmigrasi pada Kementerian Desa, PDT dan Transmigrasi RI,
Agus Suminardi, SE, MT, mengatakan hal yang sama.

Saat Ekspose Laporan Lapangan program transmigrasi di Kabupaten Malaka, Senin (21/5/2018), Agus Suminardi mengatakan, Malaka ditetapkan sebagai kabupaten pilot project (percontohan) program pembangunan dan pengembangan kawasan transmigrasi nasional.

Malaka ditetapkan sebagai kabupaten pilot projek dalam program pembangunan dan pengembangan kawasan transmigrasi karena kabupaten Malaka merupakan salah satu kabupaten yang berada di perbatasan antar negara. (jen/Adv).

DI LAENMANEN--Bupati Malaka, Stefanus Bria Seran saat kunjungan kerjanya ke wilayah Laenmanen, Rabu (4/9/2019)
DI LAENMANEN--Bupati Malaka, Stefanus Bria Seran saat kunjungan kerjanya ke wilayah Laenmanen, Rabu (4/9/2019) (POS KUPANG.COM/TENI JENAHAS)
Penulis: Teni Jenahas
Editor: Ferry Ndoen
Sumber: Pos Kupang
Ikuti kami di
KOMENTAR

BERITA TERKINI

© 2019 TRIBUNnews.com Network,a subsidiary of KG Media.
All Right Reserved