Seremoni Adat Tandai Pembangunan Ruangan TK Pembina Ende

Seremoni adat yang dilakukan oleh kepala tukang atas nama, Frans Watu menandai pembangunan salah satu ruangan TK Pembina Ende

Seremoni Adat Tandai Pembangunan Ruangan TK Pembina Ende
POS KUPANG/ROMOLADUS PIUS
Seremoni Adat Dilakukan Kepala Tukang Atas Nama, Frans Watu Menandai Pembangunan Ruangan TK Pembina Ende, Jumat (6/9/2019). 

Seremoni Adat Tandai Pembangunan Ruangan TK Pembina Ende

POS-KUPANG.COM|ENDE---Seremoni adat yang dilakukan oleh kepala tukang atas nama, Frans Watu menandai pembangunan salah satu ruangan TK Pembina Ende di Jalan Gatot Subroto, Kota Ende, Jumat (6/9/2019).

Disaksikan Pos Kupang.Com seremoni adat diawali dengan pemotongan seekor ayam lalu darah ayam dipercikan di semen dan semen yang ada langsung dimasukan kedalam lubang fondasi yang telah digali.

Menurut Frans pelaksanaan seremoni adat itu dilakukan sebagai bentuk penghormatan dan penghargaan kepada nenek moyang dan leluhur agar mereka senantiasa melindungi para pekerja maupun para guru dan siswa sehingga proses pekerjaan bisa berjalan dengan baik juga lancar tanpa ada hambatan apapun sampai selesai.

“Ini bukan percaya sia-sia atau takyul namun suatu tradisi adat yang harus dipertahankan karena bagaimanapun adat istiadat erat kaitan dengan kehidupan masyarakat terutama di Flores,”kata Frans.

Frans mengatakan bahwa seremoni adat tidak terlepas dari kehidupan masyarakat Flores mulai dari membangun rumah hingga pernikahan juga kelahiran serta kematian.

“Terkadang ada yang lalai tidak menyelenggarakan ritus adat dengan alasan yang dibangun bukan rumah pribadi namun perkantoran pemerintah semestinya tidak boleh karena baik rumah pribadi maupun perkantoran pemerintah tentu ada kehidupan di alam lain yang bisa saja mengganggu kalau tidak menghargai mereka,”kata Frans.

Frans berharap dengan seremoni adat yang dia lakukan pekerja pembangunan ruangan TK Pembina Ende dapat selesai tepat waktu tanpa ada hambatan serta selalu dilindungi Tuhan dan nenek moyang.

Ketua Komite TK Pembina, Yustinus Sani mengatakan pembangunan ruangan di TK Pembina Ende dibiayai dari APBD Kabupaten Ende sebesar Rp 152 Juta serta sumbangan komite khusus untuk biaya tukang.

Yustinus mengatakan penambahan ruangan di TK Pembina guna menjawabi kebutuhan sekolah akan ruangan seiring dengan pertambahan siswa dari tahun ke tahun.

Dikatakan ruangan yang ada dirasa tidak mencukupi maka para guru dan komite bersepakat menambah ruangan guna menampung para siswa.

Diharapkan dengan ruanga yang ada setidaknya para siswa lebih nyaman dalam proses belajar.

Kepala Sekolah TK Pembina, Marselina Albina Feni, Spd bahwa dengan adanya penambahan ruangan tersebut memberikan dampak positif bagi pengembangan sekolah sehingga para siswa semakin berprestasi juga nyaman dalam proses belajar.

Marselina mengatakan pihaknya menyampaikan terima kasih kepada Pemda Ende dan komite serta orang tua siswa sehingga TK Pembina pada tahun 2019 mendapatkan satu ruangan baru.

Menurut Marselina sederatan pretastasi yang diraih oleh para siswa TK Pembina selama ini tidak terlepas dari dukungan dan kepercayaan orangtua kepada pihak sekolah untuk membina para siswa.

5 Kebiasaan Tanpa Sadar Yang Membahayakan Kesehatan

Cegalah Kanker Kelenjar Getah Bening Dari Awal, Belajar dari Aldi Taher & Ria Irawan

Oleh karena itu pihaknya mengharapkan agar dukungan yang sama tetap diberikan di masa-masa yang akan datang. (Laporan Reporter Pos Kupang.Com, Romualdus Pius)

Penulis: Romualdus Pius
Editor: Rosalina Woso
Sumber: Pos Kupang
Ikuti kami di
KOMENTAR

BERITA TERKINI

© 2019 TRIBUNnews.com Network,a subsidiary of KG Media.
All Right Reserved