VIDEO: Warga Mbarata Labuan Bajo Gali Lubang di Tengah Saluran untuk Dapat Air Keruh. Ini Videonya

VIDEO: Warga Mbarata Labuan Bajo, Gali Lubang di Tengah Saluran untuk Dapat Air. Air yang didapatkan pun air keruh, air yang tidak layak dikonsumsi.

VIDEO: Warga Mbarata Labuan Bajo, Gali Lubang di Tengah Saluran untuk Dapat  Air. Ini Videonya

POS-KUPANG.COM, LABUAN BAJO – VIDEO: Warga Mbarata Labuan Bajo, Gali Lubang di Tengah Saluran untuk Dapat  Air Keruh. Ini Videonya

Warga Mbarata di Labuan Bajo, Kabupaten Manggarai Barat, terpaksa menggali tanah di saluran kali mati, agar bisa mendapatkan air.

Ironinya, air yang didapatkan dari lubang itu ternyata tak layak dikonsumsi. Pasalnya air itu keruh, kental dan berwarna ke-coklat-coklatan.

VIDEO: Gubernur NTT Viktor Laiskodat Sebut Pengusaha Gapensi Hobinya Kumpul Tanpa Ide. Ini Videonya

VIDEO: Tim Forensik Mabes Polri Bongkar Makam Bayi Mariano di TTU. Ini Videonya

VIDEO: Anda Ingin Terhindari dari Kecelakaan Lalulintas? Ikuti 8 Tips Ampuh Berikut Ini

Disaksikan POS-KUPANG.COM, lubang yang digali itu berukuran kecil, hanya sekitar 65 Cm x 80 Cm dengan kedalaman sekitar setengah meter lebih.

Setelah air memenuhi lubang itu, warga tak langsung mengambilnya.

Air itu dibiarkan berlama-lama agar kekeruhannya bisa mengendap di dasar lubang. Setelah air terlihat mulai jernih, barulah warga mengambil air itu untuk dibawa pulang ke rumah.

Ada dua lubang di kali itu, yang digunakan warga untuk mendapatkan air. Saluran kali itu berada persis di pinggir jalan raya yang melintasi Mbarata.

"Kalau musim kemarau, mulai April sampai November, kami selalu timba air di lubang di dalam saluran air di kali ini,” ujar Ivon, salah seorang warga.

Setiap hari, lanjut Ivon, waktu yang paling ramai warga mengambil air di lubang itu, adalah pukul 15.00 Wita sampai 18.00 Wita.

Halaman
12
Penulis: Servan Mammilianus
Editor: Frans Krowin
Ikuti kami di
KOMENTAR

BERITA TERKINI

© 2019 TRIBUNnews.com Network,a subsidiary of KG Media.
All Right Reserved