Berkunjung ke Tiongkok

Mengapa Provinsi Jiang Xi di RRT Siap Investasi di NTT? Ini Alasannya

Pertumbuhan ekonomi Provinsi Jiang Xi dalam tiga tahun terakhir (2016, 2027, dan 2018) bergerak antara 8,9 sampai 9 persen.

Mengapa Provinsi Jiang Xi di RRT Siap Investasi di NTT? Ini Alasannya
POS KUPANG.COM/FERRY JAHANG
Ketua Delegasi Wartawan Bali, NTB dan NTT bersama Dr. Huang Jiawen 

Mengapa Provinsi Jiang Xi di RRT Siap Investasi di NTT?

Laporan Wartawan POS KUPANG.COM Ferry Jahang

POS KUPANG.COM, JIANG XI-Wakil Direktur Kantor Urusan Luar Negeri Provinsi Jiang Xi, Huang Jiawen mengatakan pihaknya siap berinvestasi di wilayah NTT.

“Tolong kami diberi informasi sektor-sektor apa saja yang bisa kami masuk untuk investasi di wilayah Anda,” ujar Deputy Director General Hubungan Luar Negeri Provinsi Jiang Xi, Dr. Huang Jiawen, Jumat (30/8/2019) saat menjamu makan malam Delegasi Jurnalis Bali, NTB dan NTT di Nanchang.

Menurutnya, Provinsi Jiang Xi adalah provinsi yang memiliki pertumbuhan ekonomi yang sangat tinggi di Republik Rakyat Tiongkok (RRT).

Dijelaskan, pertumbuhan ekonomi Provinsi Jiang Xi dalam tiga tahun terakhir (2016, 2027, dan 2018) bergerak antara 8,9 sampai 9 persen.

"Jiang Xi, merupakan provinsi dengan Pendapatan Asli Daerah (PAD) ketiga tertinggi di Tiongkok," tambah Dr. Huang.

Menurutnya, RRT sudah cukup lama berinvestasi di Indonesia. Hal ini menunjukkan begitu dekat dan akrabnya hubungan kedua negara.

Delegasi Wartawan Bali, NTB dan NTT Saat Berkunjung ke China
Delegasi Wartawan Bali, NTB dan NTT Saat Berkunjung ke China (POS KUPANG.COM/FERRY JAHANG)

Oleh karena itu tambahnya, melakukan investasi di NTT, NTB dan Bali merupakan upaya untuk menjaga kebersamaan itu dan semakin mempererst hubungan dengan keyiga provinsi di Indonesia tersebut.

Menjawab pertanyaan tentang syarat untuk berinvestasi, Dr. Huang menjelaskan, kami perlu melihat dulu apa saja potensi yang ada dan berpeluang untuk berinvestasi.

Prinsipnya, lanjut Dr. Huang, investasi yang ditanam di suatu daerah harus memajukan daerah tersebut nantinya.

Disebutkan, penduduk provinsi Jiang Xi saat ini berjumlah 46 juta jiwa itu. Pendapatan perkapita masyarakatnya sebesar 3500 miliar dollar Amerika Serikat.

Kontribusi terbesar disumbang sektor informasi dan pelayanan publik, yang di dalamnya termasuk pariwisata dan hiburan yang mencapai 50 persen.

Sementara sektor industri menyumbang 30 persen dan pertanian dan perkebunan hanya 10 persen.
Penunjang ekonomi Jiangxi lainnya industri seperti pembuatan body pesawat, lensa, konduktor serta peralatan medis dan industri lainnya.

Dr. Huang berharap, kehadiran delegasi wartawan sari NTT, NTB dan Bali, dapat memberikan informasi tentang Provinsi Jiang Xi kepada masyarakat Indonesia.(*)

Penulis: Ferry Jahang
Editor: Ferry Jahang
Ikuti kami di
KOMENTAR

BERITA TERKINI

© 2019 TRIBUNnews.com Network,a subsidiary of KG Media.
All Right Reserved