Desa Mata Air Ciptakan Terobosan Menggelar Musrenbang Anak

Pemerintah Desa Mata Air, Kecamatan Kupang Tengah bersama Badan Permusyawaratan Desa (BPD) menciptakan terobosan

ISTIMEWA
Benyamin Kanuk (kanan) 

Desa Mata Air Ciptakan Terobosan Menggelar Musrenbang Anak

POS-KUPANG.COM I OELAMASI--Pemerintah Desa Mata Air, Kecamatan Kupang Tengah bersama Badan Permusyawaratan Desa (BPD) menciptakan terobosan dalam hal Musrenbangdes.

Jika selama ini musrenbang hanya melibatkan kaum dewasa, tetapi saat ini pemerintah desa setempat mengagendakan musrenbang yang khusus melibatkan anak usia 12-17 tahun.

Kepala Desa Mata Air, Benyamin Kanuk kepada POSKUPANG.COM, Selasa (3/9/2019) menjelaskan, kegiatan musrenbang anak ini mungkin baru pertama di Kabupaten Kupang dan bisa juga di NTT secara umum.

Selama ini pembahasan musrenbangdes hanya melibatkan kalangan orang dewasa.

Dalam diskusi bersama BPD, kata Benyamin, pihaknya berinisiatif untuk pembahasan musrenbangdes perlu juga anak-anak dilibatkan.

Dalam musrenbangdes anak ini, mereka diberi ruang untuk menyampaikan usul saran untuk ditampung pemerintah desa dan BPD.

"Di Desa Mata Air ada 32 RT. Kita undang tiap RT mengutus dua orang anak dengan batasan usia 12-17 tahun. Kita fasilitasi rapat bersama yang akan digelar, Rabu (4/9/2019) petang," katanya.

Dirinya menambahkan, dalam rapat bersama itu pihaknya menampung aspirasi anak-anak untuk selanjutnya dibawa ke musrenbangdes lalu ke musrenbang kecamatan.

BPJS Ketenagakerjaan Lindungi Pekerja Migran Indonesia Legal dan Ilegal

Peneliti BPTP NTT Bentangkan 5 Inovasi Unggulan ke Petani di NTT

Dirinya menargetkan minimal satu aspirasi yang merupakan masukan dari anak-anak bisa diangkat di musrenbang tingkat kabupaten.(Laporan Reporter POS KUPANG.COM, Edi Hayong)

Penulis: Edy Hayong
Editor: Rosalina Woso
Sumber: Pos Kupang
Ikuti kami di
KOMENTAR

BERITA TERKINI

© 2020 TRIBUNnews.com Network,a subsidiary of KG Media.
All Right Reserved