Anggaran Pilkada TTU Capai Rp 25 Miliar, Ini Sumber Dananya

Komisi Pemilihan Umum ( KPU) Kabupaten Timor Tengah Utara ( TTU) telah mengalokasikan anggaran sebesar Rp 25 Miliar

Anggaran Pilkada TTU Capai Rp 25 Miliar, Ini Sumber Dananya
POS-KUPANG.COM/TOMMY MBENU NULANGI
Ketua KPUD Kabupaten TTU, Paulinus Lape Veka 

POS-KUPANG.COM | KEFAMENANU - Komisi Pemilihan Umum ( KPU) Kabupaten Timor Tengah Utara ( TTU) telah mengalokasikan anggaran sebesar Rp 25 Miliar untuk membiayai proses tahapan pemilihan kepala daerah ( Pilkada) yang akan berlangsung pada tahun 2020 mendatang.

Anggaran yang telah disiapkan sebanyak itu bersumber dari APBD Kabupaten TTU selama dua tahun anggaran yakni pada perubahan anggaran tahun 2019 dan anggaran induk tahun 2020.

Hal itu disampaikan oleh Ketua KPUD Kabupaten TTU, Paulinus Lape Veka kepada Pos-Kupang.Com saat ditemui di ruang kerjannya, Rabu (4/9/2019).

Anggaran Pilkada Manggarai Barat Capai Rp 776.427.000, Ini Penjelasan BPKD Salvador Pinto

Paulinus mengatakan, memang pada saat pengusulan anggaran, pihaknya mengusulkan sebesar Rp 29 Miliar. Namun usulan anggaran sebanyak itu dirasionalisasi kan bersama dengan tim TAPD.

"Terakhir final yang sudah ditetapkan itu Rp. 25 Miliar. Dan kita di TTU anggaran itu sudah di tetapkan di sidang banggar," ujarnya.

Untuk saat ini, kata Paulinus, pihaknya sedang menyiapkan dokumen untuk penandatanganan Naskah Perjanjian Hibah Daerah (NPHD) dengan pemerintah daerah Kabupaten TTU.

Kasus Malpraktek, Pemda TTU Gelar Pertemuan dengan Manajemen RS Leona, Ini yang Dibahas

"Jadi kita sementara siapkan dokumennya, setelah itu kita akan koordinasi dengan pemda sehingga paling lambat tanggal 1 Oktober kita sudah bisa melakukan tanda tangan NPHD," ungkapnya.

Menurutnya, penandatanganan NPHD tersebut segera dilakukan karena tahapan proses pilkada akan berlangsung pada tanggal 23 September 2019 mendatang.

Dijelaskan Paulinus, pada pelaksanaan pilkada sebelumnya, pihanya mengalokasikan anggaran pilkada sebesar 18 Miliar, dan dikembalikan ke daerah sebesar Rp. 3 Miliar.

Menurutnya, anggaran pilkada Kabupaten TTU pada tahun 2020 meningkat dari pilkada sebelumnya karena ada beberapa item kegiatan baru seperti pengadaan alat peraga kampanye dan pengadaan kotak suara.

"Beberapa item itu yang menyebabkan pembengkakan anggaran dari pilkada sebelumnya. Dan kali ini sesuai dengan prediksi kita bahwa akan ada enam pasang calon," ungkapnya. (Laporan Reporter POS-KUPANG.COM, Tommy Mbenu Nulangi)

Penulis: Thomas Mbenu Nulangi
Editor: Kanis Jehola
Sumber: Pos Kupang
Ikuti kami di
KOMENTAR

BERITA TERKINI

© 2019 TRIBUNnews.com Network,a subsidiary of KG Media.
All Right Reserved