Pemda Harus Siapkan Infrastruktur untuk Mendukung Pariwisata di Nagekeo, Ini Permintaan Peserta

Peserta pelatihan pemandu wisata alam di Nagekeo memberikan usulan kepada Bupati Nagekeo, Johanes Don Bosco Do di Aula Sinar Kasih M

Pemda Harus Siapkan Infrastruktur untuk Mendukung Pariwisata di Nagekeo, Ini Permintaan Peserta
Pos-Kupang.Com/Gordi Donofan Ket:
┬áSuasana pelatihan pemandu wisata alam yang digelar oleh Dispar Nagekeo di Aula Hotel Sinar Kasih Mbay, Sabtu (31/8/2019). 

Laporan Reporter POS-KUPANG.COM, Gordi Donofan

POS-KUPANG.COM | MBAY -- Peserta pelatihan pemandu wisata alam di Nagekeo memberikan usulan kepada Bupati Nagekeo, Johanes Don Bosco Do di Aula Sinar Kasih Mbay, Sabtu (31/8/2019).

Usulan yang mereka sampaikan pada umumnya adalah soal infrastruk jalan dan kebutuhan infrastruktur dasar seperti air bersih.

Bagi mereka, ketika infrastruktur tidak perhatikan maka pariwisatanya juga tidak akan maju dan memang infrastruktur merupakan hal yang utama mendukung kemajuan pariwisata di Nagekeo.

"Saya menyampaikan terima kasih kepada Dispar Nagekeo. Saya merasakan hal baru, mendapatkan ilmu ditempat ini. Teknik dasar dan banyak hal yang kami dapat. Destinasi wisata dari Rendubutowe yaitu Air Terjun Ngabatata, sudah terkenal. Sebagai masyarakat perlu dampingan, akses jalan, tempat parkir dan sampai akses ke lokasi air terjun," ungkap Ones, peserta pelatihan dari Desa Rendubutowe dihadapan Bupati Don dan puluhan peserta pelatihan.

Jenis Makanan untuk Diet Dijamin Bikin Kenyang Lebih Lama, Ini Jenis Makanannya

Ones berharap agar pemda harus memperhatikan infrastruktur jalan. Akses jalan yang bagus akan menunjang hal lain. Sehingga banyak orang mengunjungi tempat wisata yang ada. Jalan yang bagus sangat dibutuhkan.

Peserta lainnya, Eman mengungkapkan terima kasih kepada Pemda Nagekeo melalui dinas Pariwisata karena sudah menggelar pelatihan tersebut.

Eman mengatakan kader muda sangat berperan dalam membangun pariwisata di Nagekeo. Namun harus diarahkan dan mendapatkan pendampingan dari pemerintah.

Persija Jakarta Datangkan Bek Anyar asal Brasil, Ini Profil dan Data Alexandre Luis

"Kader muda punya peran. Selama ini kami ngambang. Kami punya mimpi, tapi kami harus mulai dari mana. Ini hal luar biasa. Saya basic pariwisata, ketika pulang kampung saya kerja apa saja. Semangat saya mulai itu, ketika tahun 2018 ada perencanaan yang matang. Saya melihat banyak destinasi wisata di Nagekeo. Kita itu beruntung karena ketika kita bawa bule, kita bisa piknik bersama mereka dan mereka lagi yang bayar kita. Ini sangat luar biasa," papar Emanu

Peserta kegiatan lainnya, Bruno Sanda, mengatakan, mengatakan, untuk mendukung pengembangkan pariwisata perlu adanya Peraturan Daerah yang menguntungkan.

Halaman
123
Penulis: Gordi Donofan
Editor: Ferry Ndoen
Sumber: Pos Kupang
Ikuti kami di
KOMENTAR

BERITA TERKINI

© 2019 TRIBUNnews.com Network,a subsidiary of KG Media.
All Right Reserved