Penetapan Tersangka Kasus Korupsi NTT Fair Diduga Kriminalisasi

Saat ini, Kejati bahkan tengah merampungkan proses penyidikan dalam kasus yang merugikan Negara miliaran rupiah it

Penetapan Tersangka Kasus Korupsi NTT Fair Diduga Kriminalisasi
POS KUPANG/RYAN NONG
Sam Haning 

Penetapan Tersangka Kasus Korupsi NTT Fair Diduga Kriminalisasi

POS-KUPANG.COM | KUPANG – Penanganan kasus korupsi mega proyek NTT Fair tengah bergulir di tangan Kejaksaan Tinggi (Kejati) NTT.

Saat ini, Kejati bahkan tengah merampungkan proses penyidikan dalam kasus yang merugikan Negara miliaran rupiah itu.

Sebelumnya, pada pertengahan Juni 2019 lalu, pihak penyidik Kejati telah menetapkan enam orang tersangka yang terlibat dalam pelaksanaan proyek yang berlokasi di Bimoku Kelurahan Lasiana Kecamatan Kelapa Lima Kota Kupang itu

Kejaksaan Tinggi NTT menetapkan lima tersangka pada 14 Juni 2019 yang terdiri dari HP sebagai pemilik bendera PT Eka Cipta Puri yang bertindak sebagai kontraktor pelaksana, BY pemilik bendera PT Dana Consultant dan FB selaku peminjam bendera konsultan pengawas serta YA kepala dinas PUPR NTT sebagai Kuasa Pengguna Anggaran dan DT sebagai PPK.

Sebelumnya, pada 10 Juni 2019 Kejaksaan Tinggi telah terlebih dahulu menetapkan kuasa direktur PT Eka Cipta Puri, LL sebagai tersangka.

Namun, penetapan tersangka yang telah berlangsung lebih dari dua bulan ini oleh kuasa hukum tersangka dinilai cacat dan harus batal demi hukum. Bahkan, kuasa humum menduga ada kriminalisasi terhadap penetapan tersangka dalam kasus tersebut.

Sam Haning SH, selaku Kuasa hukum dari HP yang merupakan pemilik bendera kontrktor pelaksana proyek, kepada wartawan di Kupang pada Kamis (29/8/2019) menyebut bahwa pihaknya mennduga ada kriminalisasi dalam penetapan tersangka kasus tersebut.

“Sangat disayangkan, Ini diduga kriminalisasi, maka sudah jelas tanggung jawab Kajati sangat besar, itu bahaya” katanya kepada wartawan.

Ia menjelasakan bahwa penetapan tersangka dalam kasus ini cacat secara procedural sehingga penetapan itu harus batal demi hukum.

Halaman
123
Penulis: Ryan Nong
Editor: Rosalina Woso
Sumber: Pos Kupang
Ikuti kami di
KOMENTAR

BERITA TERKINI

© 2019 TRIBUNnews.com Network,a subsidiary of KG Media.
All Right Reserved