Bakar Keramik Kerajaan Gunakan Kayu Pinus

Menurutnya, kehadiran pabrik keramik ini dulunya hanya untuk menghasikan keramik untuk masyarakat.

Bakar Keramik Kerajaan Gunakan Kayu Pinus
POS KUPANG.COM/FERRY JAHANG
KERAMIK--Pemandu Museum Keramik Yuzhou Cichang, Huang Xin Yue sejal menjelaskan tentang sejarah museum tersebut kepada delegasi wartawan Bali, NTB dan NTT, Rabu (27/8/2019) 

Laporan Wartawan POS KUPANG.COM Ferry Jahang dari Jing Denzen

POS KUPANG.COM, JING DENZEN - Sejak zaman dahulu China sudah dikenal sebagai negara penghasil keramik bermutu.

Keramik-keramik China menyebar hingga seluruh dunia.

Namun ternyata di Museum Keramik (porselen) Yuzhou Cichang Tao Xichuan, Cramic Avenue, Jing Dezhen City, Provinsi Jiang Xi, tak ditemukan keramik pertama yang dibuat ratusan tahun yang lalu.

"Kami memang tidak menyimpan satu pun karya pertama dari seniman keramik yang ada di sini," ujar Huang Xin Yue, dari Museum Keramik Yuzhou Cichang, didampingi Erika Gunawati (staf Konjen RRT), memandu rombongan yang melihat museum keramik di Provinsi Jiang Xi kepada rombongan wartawan dari Bali, NTB dan NTT, Tabu (28/8/2019) di museum Yuzhou Cichang Tao Xichuan, Cramic Avenue, Jing Dezhen City.

Menurutnya, kehadiran pabrik keramik ini dulunya hanya untuk menghasikan keramik untuk masyarakat.

"Ketika itu kami tidak pernah tahu akan pentignya mendokumentasikan keramik/ porselen tersebut. Padahal saat ini banyak orang yang mau melihat karya seni tersebut dan ternyata begitu penting,” paparnya lagi.

Saat memperkenalkan perjalanan pembuatan keramik di Provinsi Jiang Xi, pemandu Huang Xin Yue menjelaskan kayu yang digunakan untuk membakar keramik kerajaan pada zaman dahulu adalah pinus. Oleh karena itu, kami menjadikan tumpukan kayi pinus ini sebagai bagian dari perjalanan sejarah pembuatan keramik. Pada tahapan tertentu menggunakan bahan bakar batubara.

Di Museum Keramik ini dipajang dari mulai cara pembuatan, peralatan yang digunakan, serta foto orang-orang yang terlibat sejak awal dan dianggap sebagai pahlawan dalam pembuatan keramik.

Dari berbagai pajangan tersebut sangat jelas terlihat bahwa karya-karya pembuatan keramik zaman dulu tidaklah muda dan merupakan karya yang sangat tinggi.

Halaman
12
Penulis: Ferry Jahang
Editor: Eflin Rote
Ikuti kami di
KOMENTAR

BERITA TERKINI

© 2019 TRIBUNnews.com Network,a subsidiary of KG Media.
All Right Reserved