Breaking News:

Di NTT, Dosen STKIP Citra Bakti Ngada Pengabdian Masyarakat di Inerie

Dosen dari Kampus Sekolah Tinggi Keguruan dan Ilmu Pendidikan (STKIP) Citra Bakti Ngada melaksanakan Pengabdian kepada Masyarakat (Pengmas).

istimewa
 Dosen STKIP Citra Bakti Ngada pose bersama usai kegiatan di SDK Pali Inerie Kabupaten Ngada, Selasa (20/8/2019). 

Laporan Reporter POS-KUPANG.COM, Gordi Donofan

POS-KUPANG.COM | BAJAWA -- Sejumlah Dosen dari Kampus Sekolah Tinggi Keguruan dan Ilmu Pendidikan (STKIP) Citra Bakti Ngada melaksanakan Pengabdian kepada Masyarakat (Pengmas).

Kegiatan Pengmas tersebut berupa Pelatihan Karya Tulis Ilmiah, PTK dan PTS kepada Guru-guru SDK Pali Inerie.

Dosen STKIP Citra Bakti Ngada, Pelipus Wungo Kaka, M.Pd, menjelaskan kegiatan Tri darma Perguruan Tinggi yang salah satunya adalah Pengabdian pada masyarakat merupakan kegiatan wajib yang harus dilaksanakan oleh Dosen.

Dosen–dosen STKIP Citra Bakti yang tergabung dalam Team pengabdian pada Masyarakat melaksanakan kegiatan wajib tersebut dalam bentuk Pelatihan Penulisan Karya Ilmiah dan Pelatihan Penelitian Tindakan Kelas (PTK) untuk guru-guru TK sampai SMA.

Pelipus menjelaskan team pengabdian pada masyarakat yang terdiri dari dosen-dosen lintas Program Studi di lingkup STKIP Citra Bakti, hadir sebagai pemateri yaitu Wilibaldus Bhoke, S.Pd, M.Pd (Prodi Matematika) sebagai Ketua, Ermelinda Yosefa Awe, S.Sos, M.Pd Prodi PGSD, sebagai anggota 1, Ferdinandus Samri, SS, M.Pd (Prodi PJKR) sebagai Anggota 2.

"Kegiatan Pengabdian Pada Masyarakat yang dilaksanakan dalam bentuk Pelatihan Penulisan Karya Ilmiah dan Penelitian Tindakan Kelas, yang dilaksanakan di SDK Pali, Desa Warupele 2, Kecamatan Inerie, Kabupaten Ngada. Peserta Pelatihan berjumlah 8 orang yang semuanya adalah guru SDK Pali. Kegiatan ini dilaksanakan pada hari senin, 19 sampai selasa 20 Agustus 2019," papar Pelipus, kepada POS-KUPANG.COM, Minggu (25/8/2019).

Pelipus menyebutkan tujuan dari Kegiatan pelatihan ini adalah sebagai bentuk tanggung jawab dari STKIP Citra Bakti sebagai Perguruan Tinggi yang ada di Kabupaten Ngada, akan kebutuhan guru dalam mengembangkan salah satu kompetensinya yaitu kompetensi Profesional dalam mengoptimalkan peran guru dengan mahir menulis karya tulis ilmiah.

Yuk Buruan ke McD Merchandise Menarik Menanti Anda untuk 100 Pembeli Pertama

Kata Pelipus, pelatihan ini pula sebagai wujud kepedulian akan kebutuhan guru dalam meningkatkan kreatifitas berpikir kritis sebagai upaya pemberdayaan kompetensi menuju pendidik yang profesional dan akuntabelitas akan profesinya.

Lanjut Pelipus, kegiatan ini disambut baik oleh kepala SDK Pali dan seluruh peserta pelatihan dalam hal ini guru-guru yang kian sudah menantikan adanya pelatihan karya tulis yang kian dinantikan.

Pelipus mengatakan pelatihan ini dikemas dalam dua sesi yaitu sesi pertama, penyajian materi oleh pemateri dan sesi kedua adalah praktik menulis dan didampingi langsung oleh Bapak/ Ibu Dosen dalam tata cara penulisan karya tulis ilmiah.

Ini yang Dilakukan Pemuda Ganteng 25 Tahun Nikahi Janda Keren 50 Tahun, Mereka Lakukan Ini di

Ia juga mengatakan kebutuhan lain yang sangat mendesak saat ini untuk para guru adalah salah syarat dalam kenaikan pangkat guru harus membuat sebuah karya tulis dalam bentuk Penelitian Tindakan Kelas/ Sekolah, sehingga sangat diperlukan pengetahuan dan pelatihan untuk memenuhi kebutuhan itu.

"Dengan demikian STKIP Citra Bakti menanggapi hal ini, dan melaksanakan salah satu darmanya yaitu Pengabdian Kepada Masyarakat dalam bentuk kegiatan Pelatihan tersebut. Semoga kegiatan ini dapat mendorong para guru untuk terus menulis dalam meningkatkan kompetensinya," ujarnya. (*)

Penulis: Gordi Donofan
Editor: Ferry Ndoen
Sumber: Pos Belitung
Ikuti kami di
KOMENTAR

BERITA TERKINI

© 2021 TRIBUNnews.com Network,a subsidiary of KG Media.
All Right Reserved