Stok Darah di Bank Darah PMI NTT Tersedia dan Mencukupi

Stok darah di Bank Darah pada Unit Transfusi Darah Kantor Palang Merah Indonesia ( PMI) Provinsi Nusa Tenggara Timur ( NTT)

Stok Darah di Bank Darah PMI NTT Tersedia dan Mencukupi
Net
Ilustrasi

POS-KUPANG.COM | KUPANG - Stok darah di Bank Darah pada Unit Transfusi Darah Kantor Palang Merah Indonesia ( PMI) Provinsi Nusa Tenggara Timur ( NTT) saat ini tersedia dan mencukupi kebutuhan darah.

Berdasarkan data terakhir dari Kantor PMI NTT per Jumat (23/8/2019), di bank darah Unit Transfusi darah tersedia sebanyak 459 kantong darah yang siap untuk dipakai.

Dari total tersebut, terdiri dari golongan darah Ab sebanyak 80 kantong, golongan darah B sebanyak 102 kantong, golongan darah O sebanyak 260 kantong dan golongan darah AB sebanyak 17 kantong.

Polce Naibesi Diusulkan Sebagai Ketua Sementara DPRD TTU dari Partai NasDem

Dari semua golongan darah tersebut, golongan darah AB teasuk golongan darah yang langka.

Kepala Unit Transfusi Darah, Eduardus kepada POS-KUPANG COM menjelaskan, untuk kebutuhan rumah sakit di Kota Kupang semua dilayani oleh PMI dan hingga saat ini distribusi darah ke rumah sakit masih aman.

Selama bulan Agustus, jelasnya PMI bekerjasama dengan berbagai instansi dan komunitas rutin untuk melaksanakan kegiatan donor darah.

Ini Capaian dan Hasil Pertemuan Monitoring Program Sinode 2019 di Paroki Ka Redong

Ia menjelaskan, pengalaman para pendonor darah lama dan para pendonor baru biasanya berbeda. Pendonor lama yang rutin untuk mendonorkan darahnya telah mengetahui persyaratan dan tahapan donor darah. Sedangkan bagi pendonor baru yang masih awam, mereka biasanya cenderung takut dan gugup untuk mendonorkan darahnya.

Oleh karenanya, kepada para pendonor baru serigkali diberi motivasi bahwa mendonirkan darah tidak memiliki efek samping yang membahayakan kesehatan melainkan dapat meningkatan kesehatan.

Sebelum para pendonor mendonorkan darahnya, terlebih dahulu dilakukan pengecekan usia, penimbangan berat badan serta pengecekan hemoglobin. (Laporan Reporter POS-KUPANG.COM, Ryan Nong)

Penulis: Ryan Nong
Editor: Kanis Jehola
Sumber: Pos Kupang
Ikuti kami di
KOMENTAR

BERITA TERKINI

© 2019 TRIBUNnews.com Network,a subsidiary of KG Media.
All Right Reserved