Robert Kale Tidak Menyangka Raih Juara 2 Nasional Sebagai Transmigran Teladan, Ini Profilnya

warga transmigrasi UPT. Laimbaru, Kabupaten Sumba Timur tidak menyangka kalau dirinya keluar sebagai juara 2 nasional transmigran teladan tahun 2019.

Robert Kale Tidak Menyangka Raih Juara 2 Nasional  Sebagai Transmigran Teladan, Ini Profilnya
POS-KUPANG.COM/Oby Lewanmeru
Robert Kale,Juara 2 Transmigran Teladan Tingkat Nasional (kedua dari kiri) memegang piagam dan piala saat pose dengan Kadis Koperasi,Nakertrans NTT, Sisilia Sona dan Kabid Ketransmigrasian ,Wayan di Kantor Dinas Koperasi,Nakertrans NTT, Kamis (22/8/2019) 

Laporan Reporter POS-KUPANG.COM, Oby Lewanmeru

POS-KUPANG.COM/KUPANG - Robert Kale, warga transmigrasi UPT. Laimbaru, Kabupaten Sumba Timur tidak menyangka kalau dirinya keluar sebagai juara 2 nasional transmigran teladan tahun 2019. Robert juga sebelumnya meraih juara pertama transmigran teladan tingkat Provinsi NTT.

Robert yang ditemui, Kamis (22/8/2019), mengakui, dirinya memang adalah juara 1 transmigran teladan tingkat Provinsi NTT, sehingga ikut lagi bersaing di tingkat nasional.

"Awalnya , saya tidak menyangka kalau saya bisa juara tingkat nasional. Saya juga sempat kaget ketika nama saya disebut sebagai juara 2 transmigran teladan tingkat nasional," kata Robert.

Didampingi oleh Pembina Permukiman Transmigran Laimbaru, Steven Djoh David, Robert mengatakan, selama menjadi warga transmigran, dirinya tekun menanam tanaman baik tanaman umur pendek maupun umur panjang.

Keberhasilan dalam menanam itulah yang mengantarkannya meraih juara baik di tingkat kabupaten /kota maupun provinsi.

Dia merincikan beberapa tanaman yang dibudidayakan seperti, cendana sukun,nangka, mahoni, jati putih dan lainnya.

Dia mengakui,alasan tidak menyangka jika keluar sebagai juara, karena kondisi transmigran di beberapa daerah seperti di Sulawesi dan Kalimantan maupun di NTB adalah transmigrasi yang paling maju dan makmur sehingga tidak mungkin dirinya bisa bersaing.

"Dengan menerima penghargaan ini, saya kembali ke Sumba Timur,maka saya akan beri motivasi kepada saudara-saudara yang ada di pemukiman transmigransi," katanya.

Pembina Permukiman Transmigrasi Laimbaru Sumba Timur, Steven Djoh David mengatakan, dalam membina 1007 jiwa dan 200 KK di UPT Transmigran Laimbaru itu dirinya melakukan pembinaan di bidang ekonomi, sosial budaya,spritual dan lingkungan.

Halaman
12
Penulis: Oby Lewanmeru
Editor: Ferry Ndoen
Sumber: Pos Kupang
Ikuti kami di
KOMENTAR

BERITA TERKINI

© 2019 TRIBUNnews.com Network,a subsidiary of KG Media.
All Right Reserved