Ikuti Festival 3 Gunung dan Nikmati Kemegahan Puncak Gunung Ile Lewotolok

-Salah satu lokasi utama lomba trecking dalam rangkaian Festival 3 Gunung Lembata adalah Gunung Ile Lewotolok. Tak hanya menyajikan bentangan alam Pul

Ikuti Festival 3 Gunung dan Nikmati Kemegahan Puncak Gunung Ile Lewotolok
Foto/Dokumentasi Dinas Kebudayaan dan Pariwisata Kabupaten Lembata
Gunung Ile Lewotolok 

Laporan Reporter POS-KUPANG.COM, Ricko Wawo

POS-KUPANG.COM-LEWOLEBA-Salah satu lokasi utama lomba trecking dalam rangkaian Festival 3 Gunung Lembata adalah Gunung Ile Lewotolok. Tak hanya menyajikan bentangan alam Pulau Lembata yang eksotis saja, gunung Ile Lewotolok juga jadi pertanda kemegahan Tuhan yang menakjubkan.

Dari atas puncak gunung ini, kita bisa langsung memandang Teluk Nuhanera. Keindahan Teluk Nuhanera pun menjadi lebih sempurna ketika dipadukan dengan latar belakang Ile Lewotolok saat kita memandangnya dari arah Desa Hadakewa, Ibu Kota Kecamatan Lebatukan.

Nuhanera sendiri teluk dengan pola lingkaran hampir mencapai 360 derajat. Hal ini membuat teluk yang berada di sebelah utara Pulau Lembata ini menyerupai danau. Kita akan menemukan ketenangan di hamparan laut teduh teluk ini.

Gunung berapi dengan ketinggian 1423 mdpl ini ternyata memiliki kawah yang begitu indah. Hamparan padang pasir yang cukup luas di sekitar kawah memungkinkan kita bermain sepakbola di puncak Ile Lewotolok.
Banyak wisatawan lokal dan mancanegara yang sudah sampai ke puncak dan menikmati indahnya memandangi matahari terbit dan terbenam dari atas.

Untuk mencapai puncak gunung ini kita harus lebih dahulu menuju ke Kecamatan Ile Ape dan Ile Ape Timur dengan waktu tempuh hanya setengah jam dari Ibu Kota Kabupaten Lembata, Lewoleba.

Anda hanya membutuhkan waktu 4-5 jam untuk mencapai puncak dari titik start 0 mdpl. Beberapa jalur yang dapat digunakan yaitu jalur Lewotolok, mulai dari Kampung Lama Lewotolok; jalur Jontona, melewati Kampung Lama Lewohala; jalur Waowala, dan Jalur Kolontobo Ohe. Jalur yang disebutkan terakhir ini sangat direkomendasikan untuk pendaki pemula.

Di beberapa titik, jalur pendakian yang landai cukup memudahkan, namun di titik lain anda harus ekstra hati-hati dan tenaga lebih untuk sampai ke puncak. Namun jangan khawatir, para pemandu yang sudah terbiasa mendaki akan setia menemani selama mendaki gunung ini. (*)

Editor: Ferry Ndoen
Sumber: Pos Kupang
Ikuti kami di
KOMENTAR

BERITA TERKINI

© 2019 TRIBUNnews.com Network,a subsidiary of KG Media.
All Right Reserved