Stok Darah di PMI Sumba Timur Sangat Kurang, Begini Kondisinya

Stok darah di markas PMI Kabupaten Sumba Timur masih sangat kurang, sebab kebutuhan darah sangat banyak

Stok Darah di PMI Sumba Timur Sangat Kurang, Begini Kondisinya
POS-KUPANG. COM/Dok.PMI Sumba Timur
DONOR DARAH---Remaja mesjid Al-Ma'ruf Matawai sedang mendonorkan darah. 

Laporan Reporter POS-KUPANG.COM, Robert Ropo

POS-KUPANG.COM | WAINGAPU---Stok darah di markas PMI Kabupaten Sumba Timur masih sangat kurang, sebab kebutuhan darah sangat banyak.

Kepala Markas PMI Kabupaten Sumba Timur Daud Anarato menyampaikan itu saat dikonfirmasi POS-KUPANG.COM, Senin (19/8/2019) sore.

Daud mengatakan, stok darah di PMI sangat kurang, sebab kebutuhan dari tiga rumah sakit yang ada di Kota Waingapu sangat banyak.

"Setiap kali kita lakukan donor, langsung disergap selesai,"tandas Daud.

Sehingga kata Daud, untuk mengantipasi tidak terjadi kekurangan darah pihaknya, terus membangun jaringan dengan Instansi Vertikal, Dinas, lembaga BUMN, BUMD, Komunitas, perusahan-perusahaan, sekolah-sekolah, dan masyarakat , serta di gereja dan masjid-masjid yang bersedia untuk donor darah.

"Tadi barusan donor dari Remas masjid Al-Ma'ruf kampung Got Waingapu. Saat donor darah tadi juga saya memberikan arahan untuk mensponsori sesama mesjid untuk remaja mesjid donorkan darah dan kita siap fasilitasi,"ungkap Daud.

Siswi 16 Tahun Diperkosa Pacar dan Ditinggal saat Pingsan

Arema FC, Persib, dan Persebaya Kena Denda,Nilai Ratusan Juta sesuai Hasil Sidang Komdis PSSI

Daud juga mengatakan, pergumulan saat ini masalah status UTD belum sepenuhnya menjadi kewenangan PMI, sehingga perlu SK bupati sebagai UTD PMI. Saat ini masih dalam bentuk kerjasama RSUD dan PMI.

"Saran agar pemerintah alokasikan anggaran tahun 2020 agar PMI mandiri profesional mengusahakan darah bagi rumah sakit yang butuh,"pungkas Daud. (*)

 

Penulis: Robert Ropo
Editor: Ferry Ndoen
Sumber: Pos Kupang
Ikuti kami di
KOMENTAR

BERITA TERKINI

© 2019 TRIBUNnews.com Network,a subsidiary of KG Media.
All Right Reserved