Pemprov NTT Prioritas Peningkatan Akses Jalan dan Jembatan

Sedangkan untuk Pembangunan Sumber Daya Air pada tahun 2019 di lakukan pembangunan 1 unit embung kecil di Kabupaten Sumba Timur.

Pemprov NTT Prioritas Peningkatan Akses Jalan dan Jembatan
POS KUPANG/OBY LEWANMERU
Pimpinan OPD Lingkup Pemprov NTT berjabat tangan dengan Gubernur NTT, Viktor B. Laiskodat dan ibu Julie Sutrisno, Wagub NTT, Josef Nae Soi dan ibu Mery Djogo usai upacara HUT ke-74 Kemerdekaan RI di Alun-alun Rujab Gubernur NTT, Sabtu (17/8/2019) 

Pemprov NTT Prioritas Peningkatan Akses Jalan dan Jembatan

POS-KUPANG.COM|KUPANG -- Pemerintah Provinsi (Pemprov) NTT saat ini memprioritaskan pada peningkatan akses dan kualitas jalan jembatan, prasarana dan sarana transportasi. Peningkatan akses dan kualitas ini pada jalan-jalan provinsi di NTT.

Gubernur NTT, Viktor Bungtilu Laiskodat yang ditemui usai upacara peringatan detik-detik Proklamasi Kemerdekaan RI, Sabtu (17/8/2019), mengatakan, pemerintah NTT saat ini sedang memperhatikan semua jalan provinsi yang ada di NTT.

Menurut Viktor, semua jalan-jalan provinsi yang rusak saat ini sedang dipersiapkan untuk dikerjakan.

"Jadi sedang disiapkan dan dikerjakan dengan baik," kata Viktor.

Sementara itu, dalam pidato radio yang dilakukan pada Jumat (16/8/2019), Viktor juga mengatakan, pada tahun 2019, peningkatan jalan sepanjang 111,90 km dan pembangunan Jembatan sepanjang 96 m.

"Selain itu juga dilaksanakan rehabilitasi/ pemeliharaan jalan dengan Dana DAU sebanyak tiga paket, rehabilitasi/ pemeliharaan jalan dengan dana PHJD 92 Km, rehabiltasi/pemeliharaan jembatan lima paket," katanya.

Sedangkan untuk paket perencanaan pembangunan jalan dan jembatan , ia mengatakan, ada sebanyak tujuh paket, perencanaan rehabiltasi/ pemeliharaan jalan dan jembatan sebanyak enam paket.

Dia merincikan jalan yang menjadi prioritas paket strategis untuk akses peningkatan destinasi wisata di tahun 2019 antara lain paket pekerjaan ruas jalan Bokong-Lelogama (Pulau Timor), ruas jalan Belalaing-Mukun-Mbazang (Manggarai Timur) dan ruas jalan Nggongi- Wahang- Malahar (Sumba Timur).

Sedangkan untuk Pembangunan Sumber Daya Air pada tahun 2019 di lakukan pembangunan 1 unit embung kecil di Kabupaten Sumba Timur.

"Sampai saat ini embung di NTT berjumlah 133 unit. Sedangkan untuk peningkatan irigasi terdapat 14 Daerah Irigasi dan mendapat prioritas pada tahun ini adalah Daerah Irigasi Weliman di Kabupaten Malaka," katanya

Lebih lanjut dikatakan, selain itu dilaksanakan operasionalisasi dan pemeliharaan Daerah Irigasi (DI), yakni 13 DI Pulau Timor,16 DI Pulau Flores dan 14 DI di Pulau Sumba.

Sementara pembangunan bidang cipta karya diarahkan untuk mendukung kesediaan air bersih di Kota Kupang dan tiga kabupaten yang menjadi target pengembangan dan pembangunan jaringan air bersih, yaitu Kabupaten Sumba Timur (Desa Praikalala kawasan wisata Puru Kanbera), Kabupaten Nagekeo (Dedamude), Kabupaten Kupang dan Kota Kupang.

Jangan Lewatkan Kemeriahan Lomba Perahu Hias di Kota Kupang Sajikan Kekayaan Budaya NTT

Peserta Karnaval Dinas P dan K Bersama GGD Ajak Masyarakat Kota Mbay Perangi Sampah Plastik

"Pada Tahun 2019 Pemprov NTT akan manangani pembangunan 388 rumah di 21 Kabupaten. Selain itu, dilakukan bantuan stimulan WC dan sanitasi di empat Kabupaten yaitu Kabupaten Nagekeo, Ngada, Manggarai dan Kabupaten Sumba Barat," ujarnya.(Laporan Reporter POS-KUPANG.COM, Oby Lewanmeru)

Penulis: Oby Lewanmeru
Editor: Rosalina Woso
Sumber: Pos Kupang
Ikuti kami di
KOMENTAR

BERITA TERKINI

© 2019 TRIBUNnews.com Network,a subsidiary of KG Media.
All Right Reserved