Jangan Lewatkan Kemeriahan Lomba Perahu Hias di Kota Kupang Sajikan Kekayaan Budaya NTT

pertama kali diadakan di Kota Kupang sebagai ajakan Kepada masyarakat Kota Kupang untuk mencintai laut.

Jangan Lewatkan Kemeriahan Lomba Perahu Hias di Kota Kupang Sajikan Kekayaan Budaya NTT
POS KUPANG/LAUS MARKUS GOTI
Pertemuan antara panitia pelaksana dengan juri dan peserta lomba perahu hias di Lantai III Kantor Wali Kota Kupang, Jumat (16/8/2019). 

Jangan Lewatkan Kemeriahan Lomba Perahu Hias di Kota Kupang Sajikan Kekayaan Budaya NTT

POS-KUPANG.COM/LAUS MARKUS GOTI. Pertemuan antara panitia pelaksana dengan juri dan peserta lomba perahu hias di Lantai III Kantor Wali Kota Kupang, Jumat (16/8/2019).

POS-KUPANG.COM | KUPANG -- Lomba Perahu Hias di Kota Kupang dilaksanakan hari ini, Senin (19/8/2019), titik start dari Namosain dan finis di Pantai Pasir Panjang.

Bagi warga Kota Kupang atau warga mana pun yang sedang berada di Kota Kupang bisa datang menyaksikan lomba ini, yang akan dimulai pukul 10.00 Wita.

Pantia Pelaksana lomba, Pommy Odja, kepada POS-KUPANG.COM, menjelaskan, lomba ini kental akan nilai budaya dan kesenian daerah NTT.

Menurutnya hal itu akan nampak dalam riasan perahu yang menampilkan unsur artistik dan budaya multi etnis NTT. "Itu menjadi salah satu kriteria penilaian. Makanya dalam lomba ini kita libatkan praktisi seni. Jadi, kendati kompetisi, tapi lomba ini dijamin akan sangat menghibur," jelasnya.

Lomba perahu hias ini merupakan pertama kali diadakan di Kota Kupang sebagai ajakan Kepada masyarakat Kota Kupang untuk mencintai laut.

Lomba ini dilaksanakan dalam rangka memeriahkan HUT Kemerdekaan RI ke-74 dan menyongsong dua tahun kepemimpinan Jefri Riwu Kore sebagai Wali Kota Kupang dan Herman Man sebagai Wakil Wali Kota Kupang pada 22 Agustus 2019 mendatang.

Ia mengatakan, sesuai dengan tema lomba 'Ayo Cintai Laut Kupang' lomba ini merupakan ajakan kepada masyarakat untuk menjaga kebersihan alam laut, salah satunya dengan tidak membuang sampah ke laut.

Menurutnya, lomba perahu hias, memiliki unsur seni dan sangat menghibur sehingga berpeluang besar untuk dikembangkan dan dapat mendukung pengembangan pariwisata di Kota Kupang.

Para peserta wajib mendekorasi perahu masing-masing dengan nuansa kemerdekaan dan budaya multi etnis.

"Sehingga juri dalam lomba ini ada yang dari praktisi kesenian, karena punya nilai artistik. Jadi ini akan menjadi tontonan yang menarik," ujarnya.

Dijelaskannya lomba perahu hias akan diikuti oleh kurang lebih 100 tim yang sudah mendaftar dan masing-masing tim maksimal 4 orang memperebutkan total hadiah uang tunai senilai 14 juta.

Lanjutnya, titik start dari Namosain dan finis Pasir Panjang. Jarak titik start dari bibir pantai kurang lebih 50 meter, agar masyarakat leluasa menyaksikan lomba sekaligus memotret aksi para para peserta lomba.

Peserta Karnaval Dinas P dan K Bersama GGD Ajak Masyarakat Kota Mbay Perangi Sampah Plastik

Dipastikan Ampuh Melawan Kanker Kayu Bajakah Diburu Banyak Orang Meski Dibandrol Harga Segini

Sementara itu, di Pantai Pasir Panjang akan disediakan tenda untuk panggung hiburan sekaligus pembagian hadiah. Di sini juga pelaku UKM bertebaran untuk menyemarakan lomba ini.(Laporan Reporter POS-KUPANG.COM, Laus Markus Goti)

Penulis: Laus Markus Goti
Editor: Rosalina Woso
Sumber: Pos Kupang
Ikuti kami di
KOMENTAR

BERITA TERKINI

© 2019 TRIBUNnews.com Network,a subsidiary of KG Media.
All Right Reserved