Warga Indonesia di Peru Rayakan HUT Kemerdekaan RI dengan Goyang Dangdut dan Balap Karung

Warga Indonesia di Peru rayakan HUT Kemerdekaan RI dengan goyang dangdut dan balap karung

Warga Indonesia di Peru Rayakan HUT Kemerdekaan RI dengan Goyang Dangdut dan Balap Karung
KOMPAS.com/KBRI Lima
Suasana upacara pengibaran bendera di KBRI Lima, Peru, dalam rangka memperingati HUT RI yang ke-74 pada Sabtu (17/8/2019). 

 Warga Indonesia di Peru rayakan HUT Kemerdekaan RI dengan goyang dangdut dan balap karung

POS-KUPANG.COM | LIMA - Kemeriahan peringatan 17 Agustus yang jatuh pada akhir pekan tidak hanya dirasakan di Indonesia saja. Namun juga WNI di ibu kota Peru, Lima.

Tarian, nyanyian, hingga beragam kain khas seperti Tenun Lombok, Batik, lengkap dengan topinya menghiasi upacara HUT RI yang ke-74 di halaman KBRI Lima.

Upacara itu dihadiri oleh sekitar 150 orang. Antara lain staf KBRI Lima, Dharma Wanita Persatuan (DPW), rohaniwan, diaspora Indonesia, serta Friends of Indonesia (FOI).

Wartawan Diduga Diintimidasi, Polda Metro Jaya Persilakan Lapor ke Propam

Duta Besar RI untuk Peru Marina Estella Anwar Bey yang bertindak sebagai inspektur upacara menyatakan kemajuan Indonesia dapat tercapai karena peran seluruh anak bangsa. Kepada WNI di Peru maupun Bolivia, Dubes Marina menekanan supaya mereeka bisa terus berkarya tak hanya bagi kemajuan bangsa.

Namun tetap menjaga persatuan dan kesatuan. Kemeriahan peringatan 17 Agustus kemudian dilanjutkan dengan acara Mengeruk Tumpeng dan pemotongan kue HUT RI oleh dubes diiringi musik Angklung yang memainkan Tanah Airku.

Pidato Gubernur NTT pada HUT ke-74 Kemerdekaan RI, Viktor Sebut Marungga Pohon Ajaib

Acara ramah tamah dan santap siang bersama bersamaan dengan penampilan berbagai budaya Indonesia, seperti tari Tor Tor, Sajojo, Dangdut, atau pun Poco Poco.

Semakin meriah dengan keberadaan bazar yang dirintis KBRI sejak 2018. Sambutan positif pun dilayangkan dengan WNI mempromosikan makanan seperti Pempek, Cilok, hingga Bakso.

Perayaan tersebut disiarkan secara langsung oleh radio setempat Peru, Radio Filarmonia, berdurasi dua jam yang juga memperdengarkan pidato Dubes Marina.

Kemudian dalam perjalanan menuju perayaan HUT RI itu, KBRI juga menggelar berbagai lomba yang melibatkan WNI baik di Lima maupun kota sekitarnya.

Beberapa olahraga yang dilombakan antara lain voli, futsal, dan permainan tradisional seperti Bakiak, Tarik Tambang, Balap Karung, dan permainan anak-anak. (Kompas.com/Ardi Priyatno Utomo)

Artikel ini telah tayang di Kompas.com dengan judul "Dangdut dan Balap Karung Warnai Peringatan 17 Agustus di Peru",

Editor: Kanis Jehola
Sumber: Kompas.com
Ikuti kami di
KOMENTAR

BERITA TERKINI

© 2019 TRIBUNnews.com Network,a subsidiary of KG Media.
All Right Reserved