Paskibraka

Peringati HUT UMKM & Kemerdekaan RI Dinas Koperasi Tenaga Kerja dan Transmigrasi Gelar Pasar Murah

PLUT juga membantu para pelaku usaha untuk mempromosikan beragam produk yang dihasilkan pelaku usaha

Peringati HUT UMKM & Kemerdekaan RI Dinas Koperasi Tenaga Kerja dan Transmigrasi Gelar Pasar Murah
POS KUPANG/LAUS MARKUS GOTI
Pelaku UKM menjual sepatu di pasar murah, dalam rangka memeriahkan HUT UKM dan HUT Kemerdekaan RI, di PLUT, Jl. Palapa no 4, Oebobo, Kota Kupang, Jumat (16/8/2019). 

Peringati HUT UMKM dan HUT Kemerdekaan RI Dinas Koperasi Tenaga Kerja dan Transmigrasi Gelar Pasar Murah

POS-KUPANG.COM | KUPANG -- Dalam rangka memperingati HUT UMKM dan HUT Kemerdekaan Republik Indonesia yang ke 74, Dinas Koperasi, Tenaga Kerja dan Transmigrasi Provinsi Nusa Tenggara Timur (NTT) menggelar pasar murah.

Pasar murah tersebut digelar selama dua hari, 15 dan 16 Agustus 2019 di Pusat Layanan Terpadu (PLUT), Jl. Palapa Nomor 4 Kecamatan Oebobo, Kota Kupang.

Pantauan POS-KUPANG.COM, Jumat (16/8/2019), ada 20 pelaku UMKM yang terlibat dalam pasar murah tersebut. Mereka menjual berbagai kuliner, tenun, aksesoris, madu, tas dan macam-macam.

Kepala Dinas Koperasi, Tenaga Kerja dan Transmigrasi Provinsi NTT, Sisilia Sona saat diwawancarai POS-KUPANG.COM, di sela kesibukannya memantau pasar murah tersebut mengatakan, selain memproduksi barang pelaku UMKM harus mengenal pasar.

"Apa yang kami lakukan hari ini hendak mengajak mereka mengenal pasar dan pasar yang kami buat ini bukan satu-satunya tetapi kami ingin memberi ruang untuk menjual dan mempromosikan produk mereka," ungkap Sisilia.

Menurutnya, PLUT juga membantu para pelaku usaha untuk mempromosikan beragam produk yang dihasilkan pelaku usaha, baik melalui pameran maupun media sosial.

Selain itu, PLUT menyediakan jasa konsultan untuk bagaimana mengemas produk sampai pada pemasaran. "Jadi di sini ada pendamping yang siap membantu mereka. Jadi kita ingin mereka terus bertumbuh, misalnya dari usaha mikro bisa menjadi usaha menengah," ungkapnya.

Sisilia juga menyampaikan kabar gembira yakni untuk pelaku UKM di seluruh NTT yang sudah berkomitmen dengan Perhimpunan Bank Perkreditan Rakyat Indonesia (Perbarindo), Dinas Koperasi, Tenaga Kerja dan Transmigrasi serta Otiritas Jasa Keuangan (OJK) akan mendapat kredit 10 juta tanpa anggunan.

"Semua data-data sudah ada dan lengkap dan sudah kami serahkan ke OJK dan selanjutnya kami menunggu info balik dari OJK, mekanisme apa yang akan ditempuh selanjutnya dan data yang dikirim ke OJK terdapat kurang lebih 56 ribu alamat UKM di seluruh NTT," jelasnya.

Salah satu pelaku UKM yang diwawancarai POS-KUPANG.COM, Vena Pah, mengaku sangat antusias dengan berbagai program yang ditawarkan oleh Dinas Koperasi, Tenaga Kerja dan Transmigrasi Provinsi NTT, terutama pendampingan dan promosi.

Kepala Dinas Koperasi, Tenaga Kerja dan Transmigrasi Provinsi NTT, Sisilia Sona menari bersama para pelaku UKM dalam kegiatan pasar murah di PLUT, Jl. Palapa 4, Oebobo, Kota Kupang, Jumat (16/8/2019).
Kepala Dinas Koperasi, Tenaga Kerja dan Transmigrasi Provinsi NTT, Sisilia Sona menari bersama para pelaku UKM dalam kegiatan pasar murah di PLUT, Jl. Palapa 4, Oebobo, Kota Kupang, Jumat (16/8/2019). (POS KUPANG/LAUS MARKUS GOTI)

Pertama Kali di Kota Kupang Lomba Perahu Hias Ajakan Kepada Masyarakat Mencintai Laut

Tak Perlu Siksa Diri! Terapkan 5 Diet Praktis Kecilkan Perut Agar Langsing Saat Usia 50 Tahun

"Menang untuk bergerak ke pasar, kita butuh pendamping yang mengarahkan kita. Tentu mereka lebih paham. Selain itu kegiatan seperti ini memang perlu ditingkatkan, mengingat kami memang membutuhkan wadah untuk promosi," ungkapnya.(Laporan Reporter POS-KUPANG.COM, Laus Markus Goti)

Penulis: Laus Markus Goti
Editor: Rosalina Woso
Sumber: Pos Kupang
Ikuti kami di
KOMENTAR

BERITA TERKINI

© 2019 TRIBUNnews.com Network,a subsidiary of KG Media.
All Right Reserved