Pemkab Malaka Promosikan Seluruh Kekayaan Budaya Lewat Festival

Pemerintah Kabupaten Malaka ( Pemkab Malaka) Promosikan Seluruh Kekayaan budaya Lewat Festival

Pemkab Malaka Promosikan Seluruh Kekayaan Budaya Lewat Festival
POS-KUPANG.COM/Teni Jenahas
Festival Budaya Daerah Malaka tingkat SMP dan SMA/SMK dalam rangka memeriahkan peringatan HUT Kemerdekaan ke-74 RI yang diselenggarakan Pemkab Malaka, Minggu (11/8/2019) 

Pemerintah Kabupaten Malaka ( Pemkab Malaka) Promosikan Seluruh Kekayaan budaya Lewat Festival

POS-KUPANG.COM | BETUN - Pemerintah Kabupaten Malaka ( Pemkab Malaka) mempromosikan seluruh kekayaan budaya lewat festival yang berlangsung selama empat hari yang dimulai tanggal 11-14 Agustus 2019.

Kekayaan budaya yang dipertunjukan selama festival ini yakni, tarian likurai bidu, tebe dan vokal grup. Featival ini diselenggarakan dalam rangka memeriahkan peringatan HUT Kemerdekaan ke-74 RI.

Di Nagekeo Kegiatan Pembinaan Kepemudaan Diawali dengan Parade Kebangsaan, Lihat Aksi Mereka!

Kegiatan berpusat di panggung hiburan Lapangan Betun. Festival tersebut mengambil tema "Melalui Festival Budaya Daerah Kita Tingkatkan SDM Malaka Yang Unggul".

Kepala Dinas PKPO Malaka, Petrus Bria Seran mengatakan, pelaksanaan festival diikuti siswa/i SMP dan SMA/SMK se-Kabupaten Malaka.

Jenis lomba yang dilaksanakan yakni, tarian likurai bagi siswa/i SMP serta tarian bidu, tebe dan vokal grup bagi siswa SMA/SMK. Jumlah sekolah SMP yang terlibat dalam tarian likurai sebanyak 15 sekolah dengan jumlah siswa-siswi 360 orang. Sementara untuk lomba bidu, tebe dan vocal grup melibatkan 15 sekolah dengan jumlah siswa-siswi sebanyak 1.140 orang.

Bupati Belu Terharu Saat Mengutus Penari Likurai ke Jakarta

Diharapkan melalui festival budaya daerah ini bisa meningkatkan kecintaan generasi muda terhadap budaya sendiri dan tidak mudah terpengaruh dengan budaya asing.

Bupati Malaka, Stefanus Bria Seran dalam arahannya yang disampaikan Asisten Pemerintahan Umum Setda Malaka, Zakarias Nahak mengatakan, tujuan festival ini adalah memupuk rasa persaudaraan yang baik antara anak-anak Malaka melalui berbagai kegiatan selama festival.

Kegiatan ini juga bisa menumbuhkan rasa percaya diri dan rasa cinta terhadap budaya Malaka sebagai kekayaan daerah yang tak terhitung nilainya.

Saat menyaksikan festival budaya, Selasa (13/8/2019), Bupati Malaka, Stefanus Bria Seran mengungkapkan rasa bangga kepada anak sekolah yang sangat mencintai dan melestarikan budaya.

"Saya bangga sekali karena anak-anak pewaris Kabupaten Malaka ini sangat mencintai budaya dan melestarikannya seperti yang kita saksikan dalam festival ini", tandas Bupati pencetus Program RPM ini.

Katanya, Kabupaten Malaka memiliki kekayaan yang luar biasa dalam bidang budaya. Semua kekayaan itu dieksplore oleh anak-anak sekolah sebagai generasi penerus Malaka lewat festival budaya. Peserta festival menampilkan sesuatu yang menarik sehingga menghibur masyarakat Malaka yang hadir.

Kepala Sekolah SMPN Weliman, Karlus Tefa mengatakan sangat bangga dengan kehadiran Bupati SBS bersama Pimpinan Perangkat Daerah selama pelaksanaan festival. (Laporan Reporter POS-KUPANG.COM, Teni Jenahas)

Penulis: Teni Jenahas
Editor: Kanis Jehola
Sumber: Pos Kupang
Ikuti kami di
KOMENTAR

BERITA TERKINI

© 2019 TRIBUNnews.com Network,a subsidiary of KG Media.
All Right Reserved