Presiden Jokowi Dipastikan Panen Garam di Nunkurus Setelah HUT Kemerdekaan RI

Presiden Jokowi Dipastikan Panen Garam di Nunkurus Setelah HUT Kemerdekaan RI

Presiden Jokowi Dipastikan Panen Garam di Nunkurus Setelah HUT Kemerdekaan RI
POS-KUPANG.COM/Edi Hayong
Bupati Kupang, Korinus Masneno ketika memberikan keterangan pers di ruang kerjanya, Senin (12/8/2019) 

Presiden Jokowi Dipastikan Panen Garam di Nunkurus Setelah HUT Kemerdekaan RI

POS-KUPANG.COM | OELAMASI - Bupati Kupang, Korinus Masneno memastikan kunjungan Presiden Joko Widodo ( Jokowi) ke Kabupaten Kupang diagendakan antara tanggal 20-21 Agustus 2019.

Kehadiran Jokowi ini dalam rangka panen perdana garam di Nunkurus, Kecamatan Kupang Timur hasil produksi dilahan seluas 30 hektar yang dikelola PT. Timor Livestock Lestari.

Gara-gara Praktik tanpa Sertifikat, Perawat di Klinik Aborsi Ditangkap Polisi

Bupati Korinus kepada wartawan di ruang kerjanya, Senin (12/8/2019), menjelaskan, pasca dicabutnya HGU PT PKGD pada Mei 2019 lalu, Pemkab Kupang bersama warga setempat mulai melakukan kegiatan di lapangan. Bersama pengusaha, warga diberdayakan untuk meningkatkan ekonomi keluarga.

Untuk panen perdana garam, lanjut Korinus, pada pertemuan bersama dengan Presiden Jokowi ketika berkunjung ke Atambua, presiden memastikan akan memanen garam di Kabupaten Kupang.

"Pak presiden saat ke Atambua sampaikan kalau akan panen garam di Nunkurus. Saya juga sudah komunikasi dengan provinsi, agendanya setelah HUT RI dan diperkirakan antara tanggal 20 atau 21 Agustus. Kita akan komunikasikan terus tanggal kepastian," katanya.

Karyawan AceHardware Persembahkan Paduan Suara Peringati HUT RI

Korinus menambahkan, untuk kelancaran perjalanan presiden, dirinya telah memerintahkan dinas teknis untuk memperhatikan jalur jalan jika presiden melalui jalan darat.

"Kita pastikan pada H-3 persiapan akan selesai. Saya sudah minta dinas teknis untuk bersama warga yang wilayahnya akan dilewati rombongan supaya diperhatikan. Kami juga siapkan lapangan heliped bilamana presiden menggunakan helikopter," ujar mantan Wabup Kupang ini.

Tentang kendala teknis di lapangan, Korinus memastikan tidak ada persoalan. Dirinya memastikan bahwa lahan yang akan dipanen nanti merupakan lahan yang bebas dari persoalan. Apalagi pemilik lahan usaha garam inipun ikut terlibat dalam usaha garam ini.

Sebelumnya Gubernur NTT, Viktor Bungtilu Laiskodat mengisi waktu liburan Isra Mi'raj, Rabu (3/4/2019) dengan melakukan pemantauan proyek garam di lokasi Desa Nunkurus, Kecamatan Kupang Timur, Kabupaten Kupang.

Proyek garam ini jika berkembang maju maka NTT siap menyumbang minimal setengah dari kebutuhan garam nasional karena saat ini Indonesia sementara masih mengimport garam dari luar.

Mengutip Siaran Pers Biro Humas NTT yang diperoleh POS-KUPANG.COM, Kamis (4/4/2019) disebutkan Gubernur Viktor ke Nunkurus dalam rangka melihat dari dekat tambak garam yang dikelola oleh PT. Timor Livestock Lestari.

Gubernur sangat berterimakasih kepada PT. Timor Livestock Lestari yang mau berinvestasi di lokasi ini, demi mengangkat harkat dan martabat masyarakat di Desa Nunkurus dalam pengembangan usaha tambak garam.

Di saat Indonesia sementara masih mengimport garam dari luar, NTT terus dan akan terus berusaha menyumbang minimal setengah dari kebutuhan garam nasional. Salah-satunya dari lokasi Nunkurus ini.

Gubernur Viktor mengharapkan agar NTT terus dianugerahi sinar matahari yang luar biasa, supaya bisa secepatnya melakukan panen. Kalau cuacanya mendukung maka akhir bulan ini bisa dipanen. (Laporan Reporter POS- KUPANG.COM, Edi Hayong)

Penulis: Edy Hayong
Editor: Kanis Jehola
Sumber: Pos Kupang
Ikuti kami di
KOMENTAR

BERITA TERKINI

© 2019 TRIBUNnews.com Network,a subsidiary of KG Media.
All Right Reserved