Pihak Bandara Wunopito Ingatkan Pentingnya Keselamatan Penerbangan

meningkatkan dan menumbuhkan kepedulian petugas akan pentingnya keselamatan operasional penerbangan seiring dengan meningkatnya aktivitas penerbangan,

Pihak Bandara Wunopito Ingatkan Pentingnya Keselamatan Penerbangan
Foto/Ricko Wawo
/Kantor Unit Pengelola Bandar Udara Wunopito Lewoleba melaksanakan kegiatan Safety Campaign (kampanye keselamatan) bersama pihak Trans Nusa dan Airnav, Senin (12/8/2019) 

Laporan Reporter POS-KUPANG.COM, Ricko Wawo

POS-KUPANG.COM-LEWOLEBA-Dalam meningkatkan dan menumbuhkan kepedulian petugas akan pentingnya keselamatan operasional penerbangan seiring dengan meningkatnya aktivitas penerbangan, Kantor Unit Pengelola Bandar Udara Wunopito Lewoleba melaksanakan kegiatan Safety Campaign (kampanye keselamatan) bersama pihak Trans Nusa dan Airnav.

Kegiatan ini sangat penting mengingat karena keselamatan penerbangan merupakan aspek utama transportasi udara yang tidak dapat ditoleransi, sehingga diperlukan upaya menurunkan tingkat kecelakaan.

“Pada hari ini kami melaksanakan kegiatan Safety Campaign melalui sosialisasi keselamatan  yang tujuannya memberikan pemahaman keselamatan kerja kepada semua termasuk masyarakat. Bentuk kegiatannya adalah bersama memantau dan membersihkan benda asing yang ada di seputaran bandara Wunopito agar di singkirkan.

Setiap hari teknisi bangunan landasan bandara Wunopito selau melakukan pengecekan di lapangan, guna memastikan keamanan bandara agar bisa digunakan," ungkap Kepala Unit Pengelola Bandar Udara Wunopito Lembata, Wisma Florianus di sela sela aktivitas pembersihan landasan pacu, Senin (12/8/2019).

Melalui kegiatan ini, lanjut Florianus, pihaknya bisa membangun budaya keselamatan. Pihak bandara pun selalu melakukan sosialisasi dan mengimbau kepada para karyawan, mitra kerja dan mitra usaha untuk berperan aktif dalam pelaporan.

Akibat Cuaca Buruk, Kapal Feri Batal Berangkat, Begini Kondisi Penumpang

Menurutnya, kampanye Keselamatan Penerbangan wajib secara rutin dilaksanakan secara berkesinambungan. 

"Kewajiban ini tak lepas dari banyaknya temuan, pemahaman sangat penting kalau fasilitas dapat di perbaiki dan SDM lisensinya bisa di perpanjang, maka dari itu nanti di paparkan temuan di airside agar dapat di benahi dan di pahami."

Dengan sosialisasi bersama ini dia harapkan para petugas juga semakin menumbuhkan pemahaman keselamatan bagi semua pihak terkait termasuk pihak UPBH Wunopito, Trans Nusa dan Airnav 

"Saya apresiasi antusiasme menghadiri acara ini,” imbuhnya. 

Perihal kondisi landasan pacu, Florianus menuturkan pada akhir bulan Agustus 2019 ini akan ada Optimalisasi anggaran untuk perbaikan permukaan runway seluas 243 meter. Proyek perbaikan ini senilai Rp4 miliar ini untuk sementara masih dalam proses lelang dan tinggal menunggu hasil uji laboratorium materialnya saja.

"Mungkin akhir agustus sudah dilakukan Perbaikan bagian yang rusak." 

Sementara itu, lebih lanjut, rencananya pada tahun 2020 itu ada perbaikan secara keseluruhan pada landasan pacu, taxiway dan apron bandara. (*)

 
 

Penulis: Ricardus Wawo
Editor: Ferry Ndoen
Sumber: Pos Kupang
Ikuti kami di
KOMENTAR

BERITA TERKINI

© 2019 TRIBUNnews.com Network,a subsidiary of KG Media.
All Right Reserved