Gara-gara Ampas Kopi, 2 Siswa SMA di Bandung Raih Medali Emas di Korea, Kok Bisa?

Gara-gara Ampas Kopi, 2 Siswa SMA di Bandung Raih Medali Emas di Korea, Kok Bisa?

Gara-gara Ampas Kopi, 2 Siswa SMA di Bandung Raih Medali Emas di Korea, Kok Bisa?
KOMPAS.com/Dokumentasi Doni Nurdiansyah
Baterai dari ampas kopi inovasi dari dua orang siswa SMA Taruna Bakti Bandung, Mochammad Zaqi Alfalaq (kanan) dan Anandha Rigel Zalfadhila (kiri) berhasil menyabet medali emas dalam ajang Korea Creative Invention Contest 2019 yang digelar di Seoul, Korea Selatan, mulai tanggal 10 hingga 12 Agustus 2019. 

Gara-gara Ampas Kopi, 2 Siswa SMA di Bandung Raih Medali Emas di Korea, Kok Bisa?

POS-KUPANG.COM | BANDUNG - Pelajar Indonesia kembali menorehkan prestasi gemilang di bidang sains dalam sebuah ajang bertaraf internasional.

Dua orang siswa SMA Taruna Bakti Bandung, Mochammad Zaqi Alfalaq dan Anandha Rigel Zalfadhila berhasil menyabet medali emas dalam ajang Korea Creative Invention Contest 2019 yang digelar di Seoul, Korea Selatan, pada 10 hingga 12 Agustus 2019.

Perwira Polisi Dipecat karena Pilih Jadi Tukang Ojek, Lihat Fakta-faktanya

Penemuan siswa SMA Taruna Bakti yang menjadi juara dalam kompetisi internasional tersebut berupa teknologi baterai. Namun, yang ini bukan sembarang baterai.

Ciptaan kedua siswa yang ditampilkan di ajang Korea Creative Invention Contest 2019 ini berupa baterai yang dibuat dengan memanfaatkan ampas kopi.

"Alhamdulillah, kami bisa membawa pulang medali emas untuk kategori bidang Physics Engineering di kompetisi ini," kata Doni Nurdiansyah yang merupakan pembina Kelompok Ilmiah Remaja SMA Taruna Bakti Bandung, saat dihubungi Kompas.com, Minggu (11/8/2019).

Sapi Kurban Milik Jokowi Berulah, Sepak Kaki Warga hingga Sempat Mogok Makan

Selain sebagai pembina, Doni merupakan guru fisika yang ikut mendampingi Zaki dan Rigel selama mengikuti kejuaraan Korea Creative Invention Contest.

Tidak hanya mendapatkan medali emas. Menurut Doni, baterai ampas kopi temuan siswa SMA Taruna Bakti Bandung ini juga mendapat penghargaan dari Korea Invention News.

"Siswa kami Zaqi dan Rigel juga mendapat award dari Korea Invention News sebagai peneliti terbaik," ungkapnya.

Sementara itu, Anandha Rigel Zalfadhila mengaku sangat terkejut baterai dari ampas kopi yang dia ciptakan bersama rekannya Mochammad Zaqi Alfalaq, bisa menjadi juara dalam kompetisi bertaraf internasional.

Halaman
12
Editor: Kanis Jehola
Sumber: Kompas.com
Ikuti kami di
KOMENTAR

BERITA TERKINI

© 2019 TRIBUNnews.com Network,a subsidiary of KG Media.
All Right Reserved