Ini Kata Motivasi Kadis Sosial Lembata untuk Meningkatkan Ekonomi Masyarakat

Ini Kata Motivasi Kepala Dinas Sosial Kabupaten Lembata untuk meningkatkan ekonomi masyarakat

Ini Kata Motivasi Kadis Sosial Lembata untuk Meningkatkan Ekonomi Masyarakat
POS KUPANG.COM/RICKO WAWO
Bursa Inovasi Desa Tahun 2019 Kecamatan Nubatukan di Aula Pertemuan Kecamatan Nubatukan, Sabtu (10/8/2019). 

Ini Kata Motivasi Kepala Dinas Sosial Kabupaten Lembata untuk meningkatkan ekonomi masyarakat

POS-KUPANG.COM | LEWOLEBA - Kepala Dinas Sosial dan PMD Kabupaten Lembata Aloysius Buto memotivasi pemerintah kecamatan Nubatukan dan desa untuk terus berinovasi demi peningkatan ekonomi masyarakat.

Hal itu dikemukakan Alo Buto setelah membuka kegiatan Bursa Inovasi Desa Tahun 2019 Kecamatan Nubatukan di Aula Pertemuan Kecamatan Nubatukan, Sabtu (10/8/2019).

Idul Adha Bupati Ngada Serahkan Satu Ekor Sapi Kurban untuk Umat Muslim di Bajawa

"Saya hadir disini untuk memotivasi kita semua untuk terus berinovasi guna peningkatan kesejahteraan masyarakat. Bursa Inovasi Desa adalah program yang disiapkan pemerintah pusat untuk menjadi wadah bagi pemerintah desa dalam menghadirkan berbagai inovasi," ungkap Alo buto.

Pemerintah pusat telah memberikan dana desa, perlu di dorong lahirnya Bumdes. Pemerintah desa juga harus menganggarkan dana untuk pelatihan-pelatihan bagi pengelolah Bumdes di desa-desa.

Krisis Air, Polsek Aesesa di Nagekeo Beri Bantuan 4 Tangki Air Minum Bersih

"Kita harus menyiapkan SDM di desa agar dapat mengelolah dan mengembangkan Bumdes di desa supaya ada inovasi di desa," ungkapnya.

Alo juga mengatakan, bursa Inovasi Desa merupakan ruang atau ajang pertukaran informasi tentang desa yang berkaitan dengan pembangunan dan pengembangan desa yang inovatif. Mulai dari bidang sumber daya manusia, ekonomi atau wirausaha dan juga infrastruktur.

"Desa-desa yang hadir ini melihat langsung sejumlah inovasi yang sudah dilakukan oleh sejumlah desa yang ada pada pameran ini," jelasnya.

Katanya, semua peserta yang hadir diminta melihat sejumalah inovasi yang dipamerkan, untuk ditiru serta memodifikasinya. Desa juga diminta untuk berkomitmen untuk menganggarkan supaya bisa dijalankan pada tahun anggaran 2020.

"Semua desa yang hadir ini akan membuat komitmen, inovasi apa nantinya yang akan mereka kembangkan di desanya masing masing," tuturnya.

Untuk diketahui, pada kegiatan tersebut terdapat beberapa stand pameran yang sudah di dirikan. Masing-masing stand diisi dengan puluhan inovasi yang berbeda-beda. Ada stand yang terdapat inovasi yang berkaitan dengan sumber daya manusia juga terdapat stand inovasi tentang infrastruktur. Stand lain merupakan bidang kewirausahaan atau ekonomi. (Laporan Reporter POS-KUPANG.COM, Ricko Wawo)

Penulis: Ricardus Wawo
Editor: Kanis Jehola
Sumber: Pos Kupang
Ikuti kami di
KOMENTAR

BERITA TERKINI

© 2019 TRIBUNnews.com Network,a subsidiary of KG Media.
All Right Reserved