Desa Umatoos di Kabupaten Malaka Jadi Desa Model

Desa Umatoos, Kecamatan Malaka Barat, Kabupaten Malaka ditetapkan sebagai desa model untuk pembangunan berbagai aspek.

Desa Umatoos di Kabupaten Malaka Jadi Desa Model
POS KUPANG.COM/TENI JENAHAS
SOSIALISASI--Ketua TP PKK Provinsi NTT, Julie Sutrisno Laiskodat bersama Bupati Malaka, Stefanus Bria Seran dan Ketua TP PKK Kabupaten Malaka, Ny Beatrix Bria Seran saat berada di Desa Model Umatoos, Kecamatan Malaka Barat, Jumat (9/8/2019). 

Laporan Reporter POS KUPANG.COM, Teni Jenahas

POS KUPANG. COM| BETUN---Desa Umatoos, Kecamatan Malaka Barat, Kabupaten Malaka ditetapkan sebagai desa model untuk pembangunan berbagai aspek.

Desa ini memiliki berbagai potensi seperti potensi pariwisata, kerajinan, pertanian dan peternakan.

Mengawali kegiatan pembangunan sebagai desa model, masyarakat Desa Umatoos terlebih dahalu mengikuti sosialisasi yang materinya disampaikan langsung Ketua TP PKK Provinsi NTT, Julie Sutrisno Laiskodat, Jumat (9/8/2019).

Julie mengatakan, Desa Umatoos di Kecamatan Malaka Barat terpilih jadi desa model. Desa model bukan hanya mengurus perempuan saja tetapi semua masyarakat dan potensi yang ada di desa. Diantaranya, aspek kependudukan semua harus jelas sebagai WNI yang memiliki dokumen kependudukan.

Mengurus kesehatan dan pendidikan bagi masyarakat di desa yang bersangkutan dan mengurus ekonomi masyarakat di desa agar hidup sejahtera. Hal ini sejalan dengan visi besar pemerintah provinsi NTT yakni, NTT Bangkit dan Sejahtera.

Terkiat dengan desa model ini, Julie mendorong masyarakat agar lebih kreatif menggali dan mengembangkan potensi yang dimiliki desa demi kesejahteraan hidup masyarakat itu sendiri.

Desa Umatoos memiliki potensi pariwisata yakni Pantai Abudenok. Lewat program desa model, potensi tersebut dikembangkan dan pemerintah provinsi akan mendukungnya karena
program intinya Gubernur adalah pariwisata.

Potensi pariwisata harus dikembangkan dengan menata obyek wisata menjadi lebih menarik sehingga banyak orang yang datang berkunjung atau melihat dan juga membeli sesuatu.

Menurut Julie, sebagai langka kongkret dari desa model, TP PKK Provinsi NTT akan segera kembangkan usaha kerajinan tenun ikat bagi ibu-ibu penenun di Desa Umatoos. Intervensi program bertujuan menjaga kualitas produk sehingga bisa bersaing di pasaran.

Halaman
12
Penulis: Teni Jenahas
Editor: Ferry Ndoen
Sumber: Pos Kupang
Ikuti kami di
KOMENTAR

BERITA TERKINI

© 2019 TRIBUNnews.com Network,a subsidiary of KG Media.
All Right Reserved