Bupati Belu Akui Daerahnya Masih Tertinggal

Bupati Belu, Willybrodus Lay mengakui, Kabupaten Belu masih tergolong daerah tertinggal sesuai dengan keputusan Presiden RI.

Bupati Belu Akui Daerahnya Masih Tertinggal
POS-KUPANG.COM/Teni Jenahas
Bupati Belu, Willybrodus Lay 

POS KUPANG/TENI JENAHAS

BUPATI--ATAMBUA----Bupati Belu, Willybrodus Lay.

Laporan Reporter POS KUPANG.COM, Teni Jenahas

POS KUPANG. COM| ATAMBUA----Bupati Belu, Willybrodus Lay mengakui, Kabupaten Belu masih tergolong daerah tertinggal sesuai dengan keputusan Presiden RI.

Sebagai bupati, Ia tidak memungkiri kondisi tersebut karena faktanya masih banyak penduduk Kabupaten Belu yang tergolong miskin.

"Menyandang predikat miskin memang tidak baik bagi kita dan kita tidak bisa memungkiri kondisi itu. Menurut saya kemiskinan itu soal kemampuan individu dari masyarakat untuk memenuhi kebutuhan hidupnya sendiri", kata Bupati Willy Lay kepada Pos Kupang. Com saat ditemui, Sabtu (10/8/2019).

Menurut Bupati Willy, membaca kemiskinan di Kabupaten Belu bukan dilihat dari ketersedian infrastruktur seperti jalan, penerangan dan indikator lainnya. Tetapi harus dicermati secara utuh
dari segala aspek, khususnya aspek sosiologisnya.

Sebagai bupati, ia membicarakan predikat daerah tertinggal bukan bermaksud untuk protes atau membela diri tetapi fakta lapangan soal kemiskinan di Kabupaten Belu mesti dilihat secara utuh dan solusi yang diberikan mesti sesuai kondisi wilayahnya.

Menurut Bupati Willy, salah satu penyebab kemiskinan di Kabupaten Belu adalah masih banyak warga yang tidak memiliki kecukupan lahan pertanian, terutama warga yang eksodus dari Timor Timur. Diperkirakan belasan ribu kepala keluarga yang eksodus itu tertampung di Kabupaten Belu. Mereka tidak memiliki kecukupan lahan untuk digarap.

Pemerintah Kabupaten Belu sudah memberikan perhatian namun karena keterbatasan anggaran dan jumlah KK banyak, perubahan kemajuannya bergerak lambat.

Halaman
123
Penulis: Teni Jenahas
Editor: Ferry Ndoen
Sumber: Pos Kupang
Ikuti kami di
KOMENTAR

BERITA TERKINI

© 2019 TRIBUNnews.com Network,a subsidiary of KG Media.
All Right Reserved