48 Hewan Kurban Disembelih di Masjid Nurul Hidayah Kupang, Apa Pesan Usztad Mamang?

Sebanyak 48 hewan kurban disembelih di Masjid Nurul Hidayah Kota Kupang, apa pesan Usztad Mamang?

48 Hewan Kurban Disembelih di Masjid Nurul Hidayah Kupang, Apa Pesan Usztad Mamang?
POS-KUPANG.COM/Laus Markus Goti
Suasana penyembelihan hewan kurban di Masjid Nurul Hidayah, Kelapa Lima, Kota Kupang, Minggu (11/8/2019). 

Sebanyak 48 hewan kurban disembelih di Masjid Nurul Hidayah Kota Kupang, apa pesan Usztad Mamang?

POS-KUPANG.COM | KUPANG - Suasana di Masjid Nurul Hidayah, Kelapa Lima, Kota Kupang tampak ramai. Minggu (11/8/2019) siang bertempat di belakang masjid sejumlah pria dewasa tampak sibuk menyembelih Sapi dan Kambing sengaja kurban Idul Adha 1440 H.

Siang itu mereka menyembelih sebanyak 25 ekor Sapi dan 23 ekor Kambing. Daging kurban tidak hanya dibagikan kepada umat muslim setempat tetapi juga dibagikan kepada umat non muslim.

Kata Pendeta GMIT Kalvari Maumere Tentang Sholat Idul Adha di Depan Gereja

"Beginilah kebiasaan kami setiap tahun. Kami selalu bagikan daging kurban juga kepada umat yang beragama lain," ungkap Fardin Fali, selaku koordinator seksi penerimaan hewan kurban kepada POS-KUPANG.COM di Masjid Nurul Hidayah.

Fardin mangatakan selama ini umat muslim setempat memang memiki relasi dan komunikasi yang baik dengan non muslim, juga tak pandang suku.

Ini Kata Motivasi Kadis Sosial Lembata untuk Meningkatkan Ekonomi Masyarakat

Menurutnya, setiap kali ada perayaan di Masjid kelompok pemuda hadir untuk membantu, misalnya sebagai keamanan atau parkir. Begitu pun sebaliknya jika ada perayaan umat non muslim, mereka selalu ikut membantu.

Fardin mengapresiasi kekompakan panitia kurban yang telah mempersiapkan hewan kurban, mulai dari pemeriksaan kesehatan, penyembelihan hingga pembagian.

Menurutnya, hal itu mereka lakukan dengan semangat dan gembira. "Ini tentu perayaan yang bermakna bagi umat muslim dan kami ingin berbagi dengan yang lain," ungkapnya.

Sebelum penyembelihan hewan kurban, diadakan sholat Idul Adha di Masjid tersebut dan kotbah oleh Uztad Usman Mamang. Ratusan umat tampak memenuhi Masjid berantai dua itu. Tidak hanya di dalam Masjid, di halaman Masjid pun membludak.

Dalam Kotbahnya Uztad Usman Mamang mengatakan, Idul Adha memiliki makna sejarah dan kaya hikmah.

Menurutnya makna khas dari Idul Adha yaitu berbagi. Untuk itu ia meminta kepada umat untuk memupuk semangat berbagi kepada tidak hanya kepada sesama muslim tetapi juga non muslim..

Selain itu, umat diajak untuk lebih peka terhadap lingkungan dan sesama terutama memperhatikan orang lain yang berkesesuhan.

Ia juga menegaskan, berkurban merupakan perintah yang jelas tertera di dalam Al-qur'an dan menjadi amalan yang baik dan wajib dijalankan bagi umat muslim. Dengan berkurban, kata dia, umat muslim semakin meningkatkan keimanan dan ketaqwaannya kepada Allah. (Laporan Reporter POS-KUPANG.COM, Laus Markus Goti)

Penulis: Laus Markus Goti
Editor: Kanis Jehola
Sumber: Pos Kupang
Ikuti kami di
KOMENTAR

BERITA TERKINI

© 2019 TRIBUNnews.com Network,a subsidiary of KG Media.
All Right Reserved