Tellendmark Daud, Pemkot Kupang Harus Buat Terobosan Baru Atasi Kekurangan Air Bersih

Tellendmark Daud minta Pemkot Kupang harus buat terobosan baru atasi kekurangan Air Bersih

Tellendmark Daud, Pemkot Kupang Harus Buat Terobosan Baru Atasi Kekurangan Air Bersih
POS-KUPANG.COM/Laus Markus Goti
Tellendmark Daud, anggota Komisi III/Wakil Ketua II DPRD Kota Kupang Kupang di Kantor DPRD Kota Kupang, Kamis (8/8/2019). 

Tellendmark Daud minta Pemkot Kupang harus buat terobosan baru atasi kekurangan Air Bersih

POS-KUPANG.COM | KUPANG - Anggota Komisi III DPRD Kota Kupang, Tellendmark Daud menegaskan Pemerintah Kota Kupang harus membuat terobosan baru untuk memenuhi kebutuhan masyarakat Kota Kupang akan Air Bersih.

Menurutnya, selama ini Pemerintah Kota Kupang hanya berkutat pada sumber-sumber yang ada baik yang dikelola oleh PDAM Kota Kupang maupun Kabupaten Kupang.

40 Desa Baru di Manggarai Timur Minta Mekar, Ini Penjelasan Kepala Dinas PMD Yosef Durahi

"Harus ada terobosan baru. Toh mengandalkan sumber air yang ada tidak bisa mencukupi," ungkap Wakil Ketua DPRD Kota Kupang ini saat diwawancarai POS-KUPANG.COM, di ruang kerjanya, Kamis (8/8/2019).

Ia menjelaskan, terobosan baru yang bisa dilakukan Pemerintah Kota Kupang melalui PDAM Kota Kupang yaitu mencari sumber air lain atau sumber air yang dikelola oleh masyarakat seperti sumur yang debet airnya besar.

Atasi Kemiskinan, Ketua TP PKK Manggarai Timur Teresia Wisang Sebut Fokus Desa Tertinggal

"Misalnya di suatu Kelurahan ada sumur masyarakat yang debet airnya besar, yah minta ijin kerja sama. PDAM bangun jaringan di situ untuk aliran ke masyarakat sekitar. Hal yang sama juga dilakukan di Kelurahan yang lain," ungkapnya.

Menurutnya, jika hanya mengandalkan sumber air yang ada yang selama ini dikelola oleh Pemkot Kupang atau Kabupaten Kupang maka persoalan air bersih di Kota Kupang tidak bisa diminimalisir secara signifikan.

Ia juga mengimbau agar Pemkot Kupang lebih baik mencari sumber-sumber air baru dan dikelola sendiri. "Ini akan lebih baik, harganya juga pasti lebih murah dan masyarakat tentunya terbantu," ungkapnya.

Terkait pengeluhan sejumlah warga Kelurahan Tuak Daun Merah (TDM) mendapat air keruh dari PDAM Kota Kupang yang bersumber dari Tilong, Tellendmark mengatakan, PDAM Kota Kupang harus segera melakukan pengecekan dan evaluasi.

"Ini mungkin penyaringannya yang kurang benar. Jadi PDAM Kota Kupang harusnya melakukan kontrol secara ketat, karena ini menyangkut kesehatan masyarakat. Jadi harus diperhatikan sungguh unsur hegenisnya," tegasnya. (Laporan Reporter POS-KUPANG.COM, Laus Markus Goti)

Penulis: Laus Markus Goti
Editor: Kanis Jehola
Sumber: Pos Kupang
Ikuti kami di
KOMENTAR

BERITA TERKINI

© 2019 TRIBUNnews.com Network,a subsidiary of KG Media.
All Right Reserved