Pelajari Dinamika Kelompok, Kelurahan Onelako Gelar Pelatihan, Ini Harapan Lurah

Pelajari Dinamika Kelompok, Kelurahan Onelako Gelar Pelatihan, Ini Harapan Lurah

Pelajari Dinamika Kelompok, Kelurahan Onelako Gelar Pelatihan, Ini Harapan Lurah
POS-KUPANG.COM/ROMUALDUS PIUS
Peserta Pelatihan Berfoto Bersama Lurah Onelako, Benediktus Sudi, S.Sos dan Camat Ndona, Rikardus R. Demu, Kamis (8/8/2019). 

Pelajari Dinamika Kelompok, Kelurahan Onelako Gelar Pelatihan, Ini Harapan Lurah

POS-KUPANG.COM | ENDE - Kelurahan Onelako, Kecamatan Ndona, Kabupaten Ende menggelar pelatihan kegiatan usaha mikro kecil dan menengah dalam bentuk dinamika kelompok yang dibiayai dari Dana Alokasi Umum (DAU) di Kelurahan Onelako, Kecamatan Ndona, Kabupaten Ende, Kamis (8/8/2019) di Aula Kantor Lurah Onelako.

Ketua Panitia, Chiristina Putu Indrayani, S.Pi mengatakan pelaksanaan pelatihan itu bertujuan untuk penguatan kelompok-kelompok ekonomi masyarakat untuk lebih memahami tentang dinamika kelompok.

Sambut Dies Natalis ke-18, FKM Undana Gelar Aneka Lomba

Selain itu untuk memupuk kesadaran peserta pelatihan dinamika kelompok akan pentingnya berkelompok serta memotivasi kelompok masyarakat untuk lebih aktif dan produktif demi peningkatan taraf hidup kelompok.

Camat Ndona, Rikardus R. Demu saat membuka kegiatan pelatihan mengharapkan kepada para peserta pelatihan agar secara serius mengikuti pelatihan sehingga pelaksanaan pelatihan bisa bermenfaat bagi anggota kelompok dan juga pribadi.

MKI bersama PLN Gelar Workshop, Wagub Dukung Workshop Kelistrikan NTT

Sebagai camat dirinya merasa bangga dengan eksistensi kelompok ekonomi produktif di Kelurahan Onelako yang selama ini cukup eksis baik di tingkat kecamatan juga kabupaten bahkan provinsi dan juga nasional.

Lurah Onelako, Kecamatan Ndona, Kabupaten Ende, Benediktus Sudi, S.Sos mengatakan, pelatihan usaha mikro kecil dan menengah dalam bentuk dinamika kelompok yang dibiayai dari Dana Alokasi Umum (DAU) di Kelurahan Onelako, Kecamatan Ndona, Kabupaten Ende, bukan untuk menghabiskan uang namun diharapkan mampu ada nilai tambah bagi masyarakat anggota kelompok yang mengokuti pelatihan.

Pelaksanaan pelatihan tersebut bertujuan untuk menguatkan kapasitas masyarakat dalam bentuk kelompok.

Menurutnya kemampuan seseorang akan benar-benar teruji ketika sudah bergabung didalam sebuah kelompok.

Oleh karena itu dirinya mengajak kepada masyarakat di wilayah Kelurahan Onelako untuk bergabung didalam sebuah kelompo kerja produktif sehingga bisa mendapatkan bantuan dari pemerintah maupun lembaga swasta lainnya.

"Di era sekarang ini sudah tidak ada lagi bantuan yang diberikan secara pribadi atau orang perorang namun semuanya dalam bentuk kelompok," kata Benediktus.

Benediktus mengatakan bahwa pelaksanaan pelatihan dilakukan di Aula Kantor Lurah Onelako dari 8 hingga 10 Agustus 2019.

Peserta pelatihan berasal dari kelompok tani dan kelompok tenun ikat sebanyak 75 orang didalam wilayah Kelurahan Onelako.

Untuk dapat menyerap semua materi pelatihan Lurah Benediktus meminta kepada semua peserta pelatihan agar secara serius menyimak materi pelatihan dan pada ahkirnya bisa menerapkannya didalam kelompok sehingga pelaksanaan pelatihan tidak terkesan hanya menghabiskan anggaran. (Laporan Reporter POS-KUPANG.COM, Romualdus Pius)

Penulis: Romualdus Pius
Editor: Kanis Jehola
Sumber: Pos Kupang
Ikuti kami di
KOMENTAR

BERITA TERKINI

© 2019 TRIBUNnews.com Network,a subsidiary of KG Media.
All Right Reserved