Diminta Jokowi agar DKI Beri Insentif Pengguna Mobil Listrik, Begini Tanggapan Anies

Diminta Jokowi agar DKI Jakarta beri insentif pengguna Mobil Listrik, begini tanggapan Anies Baswedan

Diminta Jokowi agar DKI Beri Insentif Pengguna Mobil Listrik, Begini Tanggapan Anies
KOMPAS.com/Ihsanuddin
Presiden Jokowi dan Gubernur DKI Jakarta Anies Baswedan usai peresmian Gedung Sekretariat ASEAN di Jakarta, Kamis (8/8/2019). 

Diminta Jokowi agar DKI Jakarta beri insentif pengguna Mobil Listrik, begini tanggapan Anies Baswedan

POS-KUPANG.COM | JAKARTA - Gubernur DKI Jakarta Anies Baswedan mengaku sedang menyiapkan regulasi terkait kendaraan listrik. Anies mengatakan itu saat ditanya soal permintaan Presiden Joko Widodo kepada kepala daerah untuk menyiapkan insentif bagi pengguna mobil listrik.

"Kita sedang menyiapkan semuanya. Anda tahu kebiasaan saya tidak ngomong parsial, sudah lengkap dulu, baru akan diumumkan," ujar Anies di Hotel Sultan, Jalan Gatot Subroto, Jakarta Pusat, Kamis (8/8/2019).

TRIBUN WIKI: Bergaya Eropa Klasik, Waroenk Seafood Akan Resmikan VIP Room

Di samping itu, Anies meminta pelaku usaha di bidang otomotif untuk memikirkan penggunaan energi yang lebih ramah lingkungan. Dia juga meminta industri otomotif berbasis listrik untuk memperbanyak produksi kendaraan listrik.

"Ketika masyarakat melihat ada regulasi, pelaku pasarnya siap, regulasinya ada, masyarakat pun bisa langsung memanfaatkan peluang untuk menggunakan kendaraan yang lebih ramah lingkungan," kata dia.

Kemudian, Anies juga berharap perbankan menyiapkan skema pembiayaan agar masyarakat tidak kesulitan memiliki kendaraan listrik.

Ini Nih Handphone Oppo yang Kameranya Bikin Kamu Makin Kece

"Saya berharap juga pada dunia perbankan untuk menyiapkan mekanisme pembiayaan agar masyarakat bisa membeli kendaraan berbasis listrik dengan harga yang terjangkau," ucap Anies.

Presiden Joko Widodo sebelumnya meminta Anies memberi insentif untuk pengguna mobil listrik. Insentif tersebut diharapkan dapat mendorong masyarakat ramai-ramai beralih ke kendaraan listrik.

"Kita mendorong terutama Gubernur DKI yang APBD gede bisa memberi insentif. Saya kira bisa dimulai," kata Jokowi kepada wartawan seusai menghadiri peresmian gedung Sekretariat ASEAN di Jakarta, Kamis (8/8/2019).

Saat menyampaikan hal itu, Jokowi menoleh ke arah Anies yang berdiri di sampingnya. Anies langsung menjawab dan menyatakan bahwa pemberian insentif sudah dilakukan. Insentif itu berupa terbebasnya mobil listrik dari aturan ganjil genap.

"Ganjil genap bebas untuk mobil listrik," kata Anies. "Nah itu bisa jadi insentif," kata Jokowi.

Namun, Jokowi menilai, Pemprov DKI bisa memberi insentif lain, misalnya berupa penggratisan parkir atau subsidi langsung saat pembelian.

"Ada negara-negara yang memberi subsidi sekian dollar untuk beli mobil listrik dan dimulai seperti di Jakarta, busnya, mendorong taksi-taksinya," kata Jokowi.

Jokowi meyakini, industri kendaraan listrik akan berkembang. Apalagi, Jokowi baru saja meneken peraturan presiden yang mengatur soal mobil listrik itu. (Kompas.com/Nursita Sari)

Artikel ini telah tayang di Kompas.com dengan judul "Jokowi Minta DKI Beri Insentif Pengguna Mobil Listrik, Anies Siapkan Regulasi",

Editor: Kanis Jehola
Sumber: Kompas.com
Ikuti kami di
KOMENTAR

BERITA TERKINI

© 2019 TRIBUNnews.com Network,a subsidiary of KG Media.
All Right Reserved