Berdalih Meminjam, Kiai Gadungan Berhasil Gelapkan 5 Mobil Rental, Begini Pengakuannya ke Polisi

Berdalih meminjam, Kiai gadungan berhasil gelapkan 5 mobil rental, begini pengakuannya ke Polisi

Berdalih Meminjam, Kiai Gadungan Berhasil Gelapkan 5 Mobil Rental, Begini Pengakuannya ke Polisi
KOMPAS.com/ARI HIMAWAN
Kapolres Pemalang Jawa Tengah AKBP Kristanto Yoga Darmawan menunjukkan barang bukti yang didapat dari Noer MA seorang kiai gadungan yang menggelapkan lima mobil, Rabu (7/8/2019). 

POS-KUPANG.COM | PEMALANG - Berdalih meminjam, Kiai gadungan berhasil gelapkan 5 mobil rental, begini pengakuannya ke Polisi.

Aparat Kepolisian Polres Pemalang Jawa Tengah membekuk kiai gadungan bernama Noer MA (48). Tersangka yang merupakan warga kelurahan Paduraksa, Pemalang tersebut melakukan penggelapan mobil rental. Bahkan tidak tanggung-tanggung, hingga lima kali.

Kapolres Pemalang AKBP Kristanto Yoga Darmawan menjelaskan bahwa tersangka selama ini berpakaian dan berdandan bak ulama dan mengajar ilmu agama ke masyarakat hingga memiliki jemaah.

Diduga Simpatisan HTI dan Dukung Khilafah, Menhan Minta TNI Berhentikan Enzo Zenz

"Masyarakat memanggilnya dengan sebutan Kiai. Namun kepercayaan itu justru disalahgunakan untuk memuluskan aksinya menggelapkan mobil pinjaman," kata Kapolres Kris, Rabu (7/8/2019).

Pelaku penggelapan berhasil ditangkap setelah petugas mendapat laporan pemilik rental mobil. Kiai gadungan tersebut berdalih meminjam mobil dengan bayaran Rp 300.000 perhari namun tidak dikembalikan setelah batas waktu tertentu.

"Korban yang merasa dirugikan kemudian membuat laporan Kepolisian, dan berdasarkan hasil penyelidikan petugas diketahui kendaraan tersebut ternyata sudah digadaikan pada orang lain tanpa," tambah dia.

Saat Prabowo Hadir Kongres PDIP di Bali, Megawati Ingatkan Para Kader Jaga Satu Hal Ini

Mobil digadaikan, kiai palsu terancam 7 tahun penjara Kendaraan-kendaraan bermotor berbagai jenis yang digelapkan tersangka berhasil digadaikan dengan harga yang berbeda antara Rp 30 juta-Rp 40 Juta, di berbagai tempat pada sejumlah orang.

Akibat perbuatannya Pelaku dijerat pasal 372 KUHP dengan ancaman maksimal 7 tahun penjara.

Di hadapan polisi Noer MA mengaku melakukan perbuatannya karena sedang butuh uang. Usaha properti yang dijalaninya sedang kekurangan uang sehingga ia butuh modal untuk memperbaiki keuangannya. (Kompas.com/Ari Himawan Sarono)

Artikel ini telah tayang di Kompas.com dengan judul "Kiai Gadungan Sukses Gelapkan 5 Mobil Rental, Begini Kronologinya",

Editor: Kanis Jehola
Sumber: Kompas.com
Ikuti kami di
KOMENTAR

BERITA TERKINI

© 2019 TRIBUNnews.com Network,a subsidiary of KG Media.
All Right Reserved