Kosmas Sebut Pasokan Air PDAM Ende ke Pelanggan Saat Kemarau Terganggu, Ini Penyebabnya

Kata Kosmas Nyo sebut pasokan air PDAM Ende ke Pelanggan saat Kemarau terganggu, ini penyebabnya

Kosmas Sebut Pasokan Air PDAM Ende ke Pelanggan Saat Kemarau Terganggu, Ini Penyebabnya
POS-KUPANG.COM/ROMUALDUS PIUS
Plt Dirut PDAM, Kosmas Nyo 

Kata Kosmas Nyo sebut pasokan air PDAM Ende ke Pelanggan saat Kemarau terganggu, ini penyebabnya

POS-KUPANG.COM | ENDE - Debit air untuk sumber mata air bagi PDAM Ende mengalami penurunan menyusul terjadinya musim panas saat ini. Kondisi demikian membuat pasokan air ke rumah-rumah warga juga mengalami gangguan.

Plt Dirut PDAM Ende, Kosmas Nyo mengatakan hal itu kepada POS- KUPANG.COM, Rabu (7/8/2019) di Ende ketika dikonfirmasi mengenai keberadaan debit air di PDAM Ende menyusul musim kemarau saat ini.

56 Lampu Penerangan Jalan dari Gereja GMIT Sampai di Perumnas Ruteng Mati

Kosmas mengatakan meskipun tidak terjadi secara ekstrim penurunan debit air pada sumber-sumber mata air PDAM Ende namun demikian musim kemarau memang membuat debit air sempat menurun sehingga berpengaruh pada pelayanan air kepada warga di Kota Ende.

Kosmas mengatakan sumber mata air utama bagi PDAM Ende adalah berasal dari Kali Wolowona yang dekat dengan Kota Ende.

Pada musim kemarau saat ini kondisi air di Kali Wolowona mengalami penurunan sehingga berpengaruh pada pasokan air untuk PDAM Ende.

Jelang Idul Adha 2019, Gubernur dan Wagub NTT Bantu Hewan Kurban ke 22 Kabupaten dan Kota

"Biasanya dalam seminggu pasokan air ke rumah warga dua hingga tiga kali namun kali ini menurun menjadi dua kali bahkan hingga satu kali dalam seminggu. Hal itu dikarenakan pasokan ke penampungan air di PDAM Ende mengalami penurunan," kata Kosmas.

Menurut Kosmas kondisi yang terjadi saat ini hanya terjadi penurunan debit air namun secara umum pasokan air ke rumah warga masih lancar meskipun frekwensinya mulai berkurang.

"Iya kita harus siasati agar pasokan air ke rumah warga tetap berjalan meskipun frekwensinya mulai berkurang tidak seperti biasanya," kata Kosmas.

Kosmas mengatakan kondisi demikian selalu terjadi setiap tahun ketika memasuki musim kemarau dan kondisi akan kembali normal ketika sudah memasuki musim hujan.

"Kondisi mata air yang ada di Ende terutama yang menjadi pemasok air untuk PDAM Ende tidak sebesar di daerah lain seperti Bajawa dan Manggarai yang memang memiliki sumber mata air yang banyak maka kita di Ende ketika memasuki musim kemarau dipastikan pasokan air ke rumah warga menjadi terganggu karena berkurangnya debit air," kata Kosmas. (Laporan Reporter POS-KUPANG.COM, Romualdus Pius)

Penulis: Robert Ropo
Editor: Kanis Jehola
Sumber: Pos Kupang
Ikuti kami di
KOMENTAR

BERITA TERKINI

© 2019 TRIBUNnews.com Network,a subsidiary of KG Media.
All Right Reserved