Gempa Banten Jumlah Korban Bertambah Lagi, Berpotensi Tsunami? Begini Penjelasan BMKG

Gempa Banten Jumlah Korban Bertambah Lagi, Berpotensi Tsunami? Begini Penjelasan BMKG

Gempa Banten Jumlah Korban Bertambah Lagi, Berpotensi Tsunami? Begini Penjelasan BMKG
KOMPAS.com/ANTARA FOTO/ASEP FATHULRAHMAN
Warga duduk di rumahnya yang rusak akibat diguncang gempa di Kampung Karoya, Mandalawangi, Pandeglang, Banten, Sabtu (3/8/2019). 

Gempa Banten Jumlah Korban Bertambah Lagi, Berpotensi Tsunami? Begini Penjelasan BMKG

POS-KUPANG.COM - Gempa Banten Jumlah Korban Bertambah Lagi, Berpotensi Tsunami? Begini Penjelasan BMKG

Badan Nasional Penanggulangan Bencana (BNPB) mencatat korban tewas akibat gempa bumi Banten bertambah menjadi enam orang per Minggu (4/8/2019).

"Jumlah total (korban) meninggal dunia 6 orang, luka-luka 3 orang," ujar Pelaksana Harian (Plh) Kepala Pusat Data, Informasi dan Humas BNPB Agus Wibowo, melalui keterangan tertulis, Minggu.

Korban tersebar di beberapa daerah. Di Kabupaten Pandeglang, terdapat satu orang meninggal dunia, dan dua orang luka-luka.

Kemudian, sebanyak tiga orang meninggal dunia di Kabupaten Lebak. Sementara, di Kabupaten Sukabumi, tercatat dua orang meninggal dunia dan satu orang mengalami luka-luka.

Jangan Percaya Isu Tsunami, Baca Penjelasan Resmi BMKG Terkait Kabar Gempa Berkekuatan 9,0

2 Menteri Makan Kerupuk Bikin Heboh Acara Family Gathering Presiden Jokowi di Bogor

Rp 10 Miliar Dari Hotman Paris Hutapea Untuk Buktikan Ada Video Porno Hotman Paris

Baca juga: Jokowi dan Para Menteri Galang Donasi untuk Korban Gempa Banten Secara keseluruhan, jumlah warga yang terdampak sekitar 136 kepala keluarga dan sebanyak 33.000 orang mengungsi akibat bencana tersebut.

Seperti diketahui, gempa bumi bermagnitudo 6,9 mengguncang sebagian wilayah Banten, Jumat (2/8/2019. Gempa yang berpusat di 147 kilometer barat daya Sumur, Banten itu juga terasa hingga Jawa Barat, Jakarta, dan Jawa Tengah.

Awalnya, Badan Meteorologi, Klimatologi, dan Geofisika (BMKG) merilis, kekuatan gempa Banten adalah magnitudo 7,4 dengan kedalaman 10 kilometer dengan pusat di 147 km arah barat daya Sumur, Banten. BMKG saat itu juga menyebut gempa ini berpotensi tsunami.

Namun, setelah dilakukan sejumlah pemutakhiran, ada perubahan sejumlah data mengenai gempa Banten.

Setelah direvisi, BMKG menyebut kekuatan gempa magnitudo 6,9 dengan kedalaman gempa 48 kilometer.

Selain itu, episenter gempa terletak pada koordinat 7,32 LS dan 104,75 BT, atau tepatnya, berlokasi di laut pada jarak 164 km arah barat daya Kota Pandeglang, Kabupaten Pandeglang.

Artikel ini telah tayang di Kompas.com dengan judul "Jumlah Korban Meninggal Dunia akibat Gempa Banten Bertambah", https://nasional.kompas.com/read/2019/08/04/11030331/jumlah-korban-meninggal-dunia-akibat-gempa-banten-bertambah?page=all

Penulis: OMDSMY Novemy Leo
Editor: OMDSMY Novemy Leo
Sumber: Kompas.com
Ikuti kami di
KOMENTAR

BERITA TERKINI

© 2019 TRIBUNnews.com Network,a subsidiary of KG Media.
All Right Reserved