Dinas Pendidikan Kota Kupang Kerahkan 5.000 Ribu Siswa Deklarasi Lingkungan Bersih

Dinas Pendidikan Kota Kupang Kerahkan 5.000 Ribu siswa Deklarasi Lingkungan Bersih

Dinas Pendidikan Kota Kupang Kerahkan 5.000 Ribu Siswa Deklarasi Lingkungan Bersih
POS-KUPANG.COM/Laus Markus Goti
Sekretaris Dinas Pendidikan Kota Kupang Drs. Dimulaihi Diami, MS.i didampingi Kepala Bidang Pembinaan dan Pendidikan Dasar Oktovianus Naitboho, SPd, MSi dan Jhon Fora SP. d Kepala Seksi Peserta Didik Bidang Dikdas dalam Jumpa Pers di Kantor Dinas Pendidikan Kota Kupang, Senin (5/8/2019). 

Mengikuti Deklarasi Lingkungan Bersih, Dinas Pendidikan Kota Kupang Kerahkan 5.000 Ribu siswa

POS-KUPANG.COM | KUPANG - Dinas Pendidikan Kota Kupang akan menggerahkan sebanyak 5.000 ribu siswa-siswi Sekolah Dasar (SD) dan Sekolah Menengah Pertama (SMP) untuk melakukan Deklarasi Lingkungan Bersih di Kota Kupang. Kegiatan tersebut akan dilakukan, besok, Selasa (6/8/2019).

Demikian disampaikan oleh Sekretaris Dinas Pendidikan Kota Kupang, Drs. Dumulaihi Diami, M. Si dalam jumpa pers di Kantor Dinas Pendidikan Kota Kupang, Senin (5/8/2019).

Kebakaran Gudang Polda NTT, Yadi Priyadi Sebut Sumber Api dari Ruangan TI Pol

Dalam Jumpa Pers tersebut Dimulaihi didampingi oleh Kepala Bidang Pembinaan dan Pendidikan Dasar Oktovianus Naitboho, SPd, MSi dan Jhon Fora SP. d Kepala Seksi Peserta Didik Bidang Dikdas.

Dumuali menyebut selain deklarasi kebersihan ada dua agenda lain yang berkaitan yaitu, aksi bersih di pesisir pantai, belakang hotel Sotis, dilaksanakan pada 9 Agustus 2019 dan lomba Sekolah Bersih.

"Untuk lomba Sekolah Bersih. Kita sudah siapkan panitia penilai. Jadi waktu penilaian dilaksanakan selama kurang lebih empat hari yaitu, 12 hingga 15 Agustus 2019. Berbagai kriteria penilaian sudah kita siapkan," ungkapnya.

Hukum Kurban Untuk Orang Telah Meninggal Dunia, Simak Penjelasan Ustadz Abdul Somad dan Adi Hidayat

Dumuali menegaskan, tiga agenda di atas bukan sekedar bukan semata-mata sebagai seremoni belaka. Ke depan, kata dia, pihaknya akan terus melakukan pengawasan terhadap sekolah-sekolah agar menjaga kebersihan di lingkungan sekolah.

Kegiatan-kegiatan tersebut, kata Dumulaihi dilaksanakan dalam rangka menyambut perayaan HUT Kemerdekaan Republik Indonesia 17 Agustus 2019 dan dua tahun masa kepemimpinan Wali Kota Kupang Jefri Riwu Kore dan Wakil Kota Hermanus Man.

Selain itu, lanjutnya, Kampanye Kebersihan dimaksudkan untuk membangun kesadaran para siswa-siswi menjaga dan merawat kebersihan baik dilingkungan sekolah maupun di rumah mereka masing-masing.

"Kita tahu Kota Kupang ditetapkan sebagai salah satu kota terkotor di Indonesia. Nah dengan kegiatan ini, salah satu gol yang kita harapkan yaitu, bisa menggeser predikat Kota Kupang sebagai kota terkotor," ungkapnya.

Sementara, itu Oktovianus Naitboho menjelaskan Deklarasi Kebersihan dilaksanakan sekitar pukul 15.00 Wita. Para peserta berasal dari 139 siswa SD dan 56 siswa SMP. Perwakilan dari setiap sekolah berjumlah 25 orang.

"Kita akan mulai di Rumah Jabatan Gubernur NTT. Di sana anak-anak akan bacakan puisi, membawakan pidato sebagai ajakan kepada masyarakat Kota Kupang untuk menjaga kebersihan," ungkapnya.

Selanjutnya, para siswa-siswi akan berjalan kaki melintasi Jl. El Tari Kupang sambil kampanye kebersihan dengan membawa spanduk dan finis di Balai Kantor Wali Kota Kupang.

"Kita juga sudah sediakan spanduk untuk dibubuhi tanda tangan oleh masyarakat yang dijumpai di Jalan, sebagai bentuk dukungan dan komitmen mereka mendukung kampanye kebersihan di Kota Kupang," ungkapnyai.

Terkait lomba Sekolah Bersih, lanjutnya, untuk sekolah yang juara akan mendapatkan piala adywiyata yang akan diserahkan oleh Wali Kota Kupang pada HUT Kemerdekaan Republik Indonesia 17 Agustus 2019. (Laporan Reporter POS-KUPANG.COM, Laus Markus Goti)

Penulis: Laus Markus Goti
Editor: Kanis Jehola
Sumber: Pos Kupang
Ikuti kami di
KOMENTAR

BERITA TERKINI

© 2019 TRIBUNnews.com Network,a subsidiary of KG Media.
All Right Reserved