VIDEO: Ibu-ibu PKK Pamerkan Kue di Kambera, Sumba Timur

Ibu-ibu PKK Pamerkan Kue di Kambera, Sumba Timur. Pameran kue itu dalam rangka memperingati Hari Pangan Se-Dunia Tingkat Kabupaten Sumba Timur, NTT.

VIDEO: Ibu-ibu  PKK Pamerkan Kue di Kambera, Sumba Timur

POS-KUPANG.COM, WAINGAPU – VIDEO: Ibu-ibu  PKK Pamerkan Kue di Kambera, Sumba Timur

Memperingati Hari Pangan Sedunia (HPS) ke-39 Tahun 2019, Pemerintah Kabupaten (Pemkab) Kabupaten Sumba Timur melaksanakannya di Kantor Kecamatan Kambera, Selasa (30/7/2019).

Hadir dalam kegiatan itu, Bupati Sumba Timur, Gidion Mbilijora, Ketua DPRD Sumba Timur, Palulu Pabundu Ndima, Ketua Pengadilan Negeri (PN) Waingapu, Richard Edwin Basoeki dan  Kepala Kejaksaan Negeri Sumba Timur, Setyawan Nur Chaliq, S.H, M.H.

VIDEO: Kabupaten Ende Terapkan Kawasan Tanpa Rokok

VIDEO: Inilah Keramik Batu Warna Kolbano, TTS

VIDEO: Satpol PP Bongkar Lapak Pedagang Kelapa. Lihat Aksi Mereka

Hadir pula Dandim 1601 Sumba Timur, Johan A.P. Marpaung, Ketua TP PKK Kabupaten Sumba Timur Ny. Rambu Kahi Yani Mbilijora, pimpinan OPD, para camat dan angota PKK Sumba Timur, serta undangan lainya.

Usai kegiatan itu, Bupati Gidion Mbilijora, mengatakan dalam memperingati HPS tingkat Kabupaten Sumba Timur, pihaknya menekankan pada ketahanan pangan keluarga menuju kemandirian pangan.

"Secara khusus di Sumba Timur ini, kami kembangkan pangan lokal. Hampir 20 jenis pangan khas Sumba Timur yang sangat cocok dengan daerah itu. Oleh karena itu, kekhasan pangan local itu akan kami kembangkan mulai pada hari-hari yang akan datang," ujar Gidion.

 Gidion juga berharap agar masyarakat juga mendukung dengan terus mengembangkan tanaman khas pangan lokal di daerah itu.

Apalagi pangan lokal Sumba Timur itu memiliki kandungan gizi yang sangat bagus dengan kadar gulanya yang hampir tidak ada.

VIDEO: Pengukuran Tanah di Fatutuli, Nyaris Ricuh

VIDEO: Kemkominfo RI Sosialisasi GenBest di Mbay

VIDEO: Bupati Don Ingin Tata Bukit Olaolo

Dalam kegiatan itu, digelar pula lomba B2SA oleh ibu-ibu anggota TP PKK Kecamatan se-Kabupaten Sumba Timur. Lomba itu dimaksudkan untuk mengomersialkan aneka menu yang berbahan dasar pangan lokal .

“Kalau pangan lokal itu akan menjadi menu pilihan makan siang masyarakat, maka para petani akan terangsang untuk membudidayakan tanaman itu,” ujarnya.

Jika ini terjadi, maka akan berpengaruh terhadap meningkatnya pendapatan ekonomi keluarga.

Gidion juga mengatakan TP PKK juga sering melakukan sosialisasi bagi masyarakat di kelompok-kelompok tani terkait pangan itu terutama pengolahan pangan untuk menjadikan nilai ekonomis bagi masyarakat. (POS-KUPANG.COM, Robert Ropo)

Nonton Videonya Di Sini:

Penulis: Robert Ropo
Editor: Frans Krowin
Sumber: Pos Kupang
Ikuti kami di
KOMENTAR

BERITA TERKINI

© 2019 TRIBUNnews.com Network,a subsidiary of KG Media.
All Right Reserved