Pelajar SMK Retas dan Perjualbelikan Akun Facebook dari Makassar dan Jawa, Begini Pengakuannya

Seorang Pelajar SMK Retas dan Perjualbelikan Akun Facebook dari Makassar dan Jawa, Begini Pengakuannya

Pelajar SMK Retas dan Perjualbelikan Akun Facebook dari Makassar dan Jawa, Begini Pengakuannya
KOMPAS.com/HIMAWAN
J (kanan orange) saat dihadirkan dalam pers rilis Polda Sulsel dalam kasus tindak pidana illegal acsess di Polda Sulsel, Selasa (30/7/2019). 

Seorang Pelajar SMK Retas dan Perjualbelikan Akun Facebook dari Makassar dan Jawa, Begini Pengakuannya

POS-KUPANG.COM | MAKASSAR - Seorang pelajar yang berasal dari Palembang, Sumatera Selatan, berinisial J (17), diamankan tim Cyber Crime Ditreskrimsus Polda Sulsel karena meretas lima akun grup Facebook yang beranggotakan ratusan ribu akun untuk dijual kembali.

Kasubdit V Cyber Crime Ditreskrimsus Polda Sulsel AKBP Musa Tampubolon mengatakan, peretasan yang dlakukan J sudah dilakukan sejak setahun terakhir. Namun, polisi baru mendeteksinya sejak beberapa bulan yang lalu.

Wali Kota Surabaya Menyatakan Siap Bantu Atasi Persoalan Sampah di Jakarta

Menurut Musa, tindakan yang dilakukan oleh J ini sudah berskala nasional dengan membobol akun grup informasi masyarakat yang berada di Makassar, dan sebagian di Pulau Jawa. Polisi juga menelusuri akun media sosial lain yang juga diduga di-hack oleh J.

"Ada beberapa akun Youtube dan Instagram yang berhasil dibobol oleh pelaku," ungkapnya di Mapolda Sulsel, Selasa (30/7/2019).

Tragis! Berencana Liburan ke Belanda, Selebgram Rusia Ini Ditemukan Tewas dalam Koper

Adapun J yang saat ini duduk di bangku kelas 3 SMK jurusan Komputer Jaringan (Network) di salah satu SMK di Palembang, mengaku belajar meretas secara otodidak dan hanya melakukannya seorang diri.

"Saya hanya sendiri, tidak gabung komunitas hacker," kata J saat diwawancara awak media.

J mengungkapkan bahwa ia nekat menjual akun Facebook yang diretasnya untuk keperluan biaya sekolah. J mengaku sudah meretas akun sebanyak lima kali.

Setelah meretas, J kemudian menjualnya ke seseorang yang bernama Dicky Arwanda yang juga kini telah diamankan oleh polisi.

"Uang yang saya dapat dari hasil jual (akun) untuk keperluan biaya sekolah," ujarnya. (Kompas.com/Himawan)

Artikel ini telah tayang di Kompas.com dengan judul "Pelajar SMK Retas dan Perjualbelikan Akun Facebook dari Makassar dan Jawa",

Editor: Kanis Jehola
Sumber: Kompas.com
Ikuti kami di
KOMENTAR

BERITA TERKINI

© 2019 TRIBUNnews.com Network,a subsidiary of KG Media.
All Right Reserved