Dokter Australia Lakukan Operasi Bibir Sumbing di RS Marianum Halilulik

-Overseas Specialist Surgical Association of Australia (OSSAA) atau Himpunan Dokter Spesialis Australia melaksanakan bakti sosial berupa kegiatan oper

Dokter Australia Lakukan Operasi Bibir Sumbing di RS Marianum Halilulik
POS KUPANG.COM/TENI JENAHAS
OPERASI--Overseas Specialist Surgical Association of Australia (OSSAA) melaksanakan bakti sosial berupa kegiatan operasi bibir sumbing, di RS Marianum Halilulik, Kabupaten Belu, Rabu (31/7/2019). 

Laporan Reporter POS KUPANG.COM,Teni Jenahas

POS KUPANG.COM| ATAMBUA----Overseas Specialist Surgical Association of Australia (OSSAA) atau Himpunan Dokter Spesialis Australia melaksanakan bakti sosial berupa kegiatan operasi bibir sumbing secara gratis.

Kegiatan operasi ini berpusat di Rumah Sakit Marianum Halilulik, Kabupaten Belu selama empat hari.

Direktur RS Halilulik, dr. Lau Fabianus mengatakan hal itu kepada wartawan, Rabu (31/7/2019). Menurut Fabianus, kegiatan operasi bibir sumbing ini merupakan kegiatan bakti sosial dari organisasi Himpunan Dokter Spesialis Australia atau OSSAA yang bekerja sama dengan RS Marianum Halilulik.
Kegiatan ini juga didukung oleh Pemerintah Kabupaten Belu.

Menurut Fabianus, kegiatan operasi berlangsung selama empat hari terhitung, Selasa (29/7/2019). Pada hari pertama, jumlah pasien yang mendapat operasi sebanyak sembilan orang, sedangkan hari ini enam orang. Dua hari ke depannya dialokasi masing-masing enam orang.

Pasien yang datang beroperasi tidak hanya warga Kabupaten Belu tetapi juga warga dari kabupaten TTU, Malaka dan TTS.

Di Sulamu Kupang-NTT, Danlantamal VII Brigjen Kasirun Disambut Ofalangga 

Menurut Fabianus, kegiatan bakti sosial ini merupakan kerja sama antara RS Marianum dengan Kementerian Kesehatan dan OSSAA. Kegiatan bakti sosial ini untuk membantu meringankan beban masyarakat dalam mendapatkan pelayanan kesehatan terutama operasi bibir sumbing.

Fabianus berterima kasih kepada OSSAA yang telah hadir di Kabupaten Belu untuk memberikan pelayanan kesehatan. Dalam kegiatan ini, tim dokter tidak hanya menolong pasien tetapi juga membagikan ilmu pengetahuan kepada tenaga kesehatan di RS Marianus secsra khusus ilmu dalam bidang operasi.

Tim OSSA yang hadir sebanyak lima orang dipimpin Dokter Spesialis Plastik, Dokter Mark More.

Dokter Mark More kepada wartawan mengatakan, kegiatan bakti sosial seperti ini di wilayah Timor Barat sudah dilakukan sejak 1990. Para dokter spesialis Australia yang terhimpun dalam oragnisasi OSSAA sudah memiliki kedekatan dengan RS Marianum sehingga kerja sama bakto sosial ini akan terus berlanjut.

Ketua PKK Kabupaten Belu, Ny. Vivi Ng Lay mengucapkan terima kasih kepada para dokter yang sudah membantu masyarakat lewat operasi bibir sumbing secara gratis.

Vivi yang didampingi Kabag Humas dan Protokoler Pemkab Belu, Roni Mau Luma mengucapkan terima kasih kepada manajemen RS Marianum yang selalu membangun kerja sama dengan para dokter Australia dalam membantu masyarakat Belu. (*)

Penulis: Teni Jenahas
Editor: Ferry Ndoen
Sumber: Pos Kupang
Ikuti kami di
KOMENTAR

BERITA TERKINI

© 2019 TRIBUNnews.com Network,a subsidiary of KG Media.
All Right Reserved